Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2013, 11:17 WIB

Tanya:
Dulu wajah saya tergolong "bandel", bisa pakai make up apa saja. Untuk perawatan wajah saya memang pakai merek bagus bertahun-tahun, tapi mengapa justru belakangan, tepatnya sebulan terakhir, timbul banyak bintik merah dan jerawat kecil? (Dian Agustina, Jakarta)

Jawab:
Kulit kita memang tumbuh dan beradaptasi seiring usia biologis, tapi ketahuilah, kondisi lingkungan dna gaya hidup kita ternyata paling menentukan masa depannya. Makanya kulit perlu dirawat. Tak hanya oleh produk perawatan yang tepat sesuai jenisnya, tapi juga dengan cara yang benar. Umumnya, saking sudah terbiasa melakukan rutinintas dandan dan merawat wajah, kadang faktor keamanan dan kebersihan terabaikan.

Yang paling sering terjadi adalah kasus kontaminasi produk karena penggunaan yang tak higienis atau sudah lewat tanggal kadaluwarsa. Satu atau dua produk mungkin belum bereaksi di kulit, tapi jika terjadi terus menerus dan bertambah setiap saat, bayangkan residu material kimia yang menumpuk di kulit kita. Inilah yang menyebabkan reaksi alergi dan masalah kulit baru, bahkan premature aging.

Jadi, mulai saat ini, tiap kali Anda memakai produk baru, baik krim perawatan atau make up, ambilah spidol dan tuliskan tanggal-bulan-tahun pemakaian pertama di botolnya. Ingat, di botol bukan di karton kemasan yang mudah terbuang. Catat juga tanggal kadaluwarsa di bawah tanggal pemakaian pertama tadi. Lakukan ini untuk semua produk yang bersentuhan dengan kulit dan rambut Anda. Jangan lupa selalu bersihkan wajah sebelum beristirahat, meski kulit Anda tergolong "bandel"sekalipun.

(Majalah Chic)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com