Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2013, 08:53 WIB

TANYA:
 
Dok, saya sedang hamil 3 bulan. Sebelum hamil berat saya 58 kg tapi sekarang ini berat badan sudah naik drastis. Usia saya 40 tahun dan saya takut tidak bisa melahirkan normal karena tekanan darah saya sering tinggi. Terkadang 120/80, tapi yang paling sering adalah 130/90.
 
Saya punya riwayat darah tinggi karena kadar trigliserida tinggi, vertigo, saraf terjepit dan maag akut. Apakah ada kiat khussu dalam hal menu makanannya. Sekarang saya mengurangi nasi dan olahraga ringan 4 kali seminggu.
 
Saya bingung dengan kondisi saya yang selama hamil sering sakit-sakitan. Apakah hal itu memengaruhi kondisi janin saya dok? Adakah solusi supaya saya bisa melahirkan normal?
(Lanny, Tangerang)


JAWAB
Ibu lanny Yth,
Hamil dalam usia 40 tahun, ibu sudah termasuk dalam kategori resiko tinggi. Untuk ibu nya maupun janin nya. Untuk ibu, akan rentan sekali mengalami hipertensi- preeclampsia , anemia dan diabetes. Untuk janin nya punya resiko kelainan bawaan yang Lebih besar.
Tapi ibu jangan panik atau khawatir. Jalani saja hamilnya dengan senang dan penuh kewaspadaan. Upayakan berat badan naik secara teratur 1-2 kg / bulan , cukup olah raga, cukup istirahat dan makan dengan gizi seimbang. Dan ibu akan mencegah berbagai kelainan. Untuk pencegahan kelainan bawa an pada bayi adalah dengan deteksi dini.
Dengan mengerti adanya resiko tinggi maka ibu akan nyaman menghadapi kehamilan nya dan tidak akan sakit-sakit an lagi. Amin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com