Mulai Hari Ini, Arah Pluit-Tanjung Priok Bisa Naik Bus Transjakarta

Kompas.com - 14/02/2013, 10:47 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan meresmikan bus transjakarta Koridor XII arah Pluit-Tanjung Priok pada Kamis ini. Setelah diresmikan, bus transjakarta Koridor XII sudah bisa ditumpangi mulai pukul 14.00 WIB.

"Harusnya kita resmikan bulan Januari kemarin, tetapi karena Pluit banjir, jadi peresmiannya mundur menjadi hari ini," kata Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, di Kota, Jakarta Barat, Kamis (14/2/2013).

Udar mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan koridor baru ini, Dinas Perhubungan menyediakan 20 sampai 36 armada untuk mengangkut penumpang. Bus gandeng ini mampu menampung sekitar 180 penumpang.

Koridor ini, kata dia, memiliki halte Museum Fatahillah di Jalan Kunir kawasan Kota Tua, di mana terdapat gedung antik dengan nuansa bangunan Belanda. Selain itu, armada yang dijalankan juga baru dikirim langsung dari China.

Udar menjelaskan, koridor baru ini terdiri dari 13 halte baru, 1 halte peningkat, dan 12 halte eksisting. Sedangkan panjang lintasan sepanjang 23,75 kilometer.

Walaupun begitu, kata Udar, belum semua separator dipasang di sepanjang jalur bus transjakarta koridor ini. Nantinya, pemasangan separator akan dilakukan secara bertahap seiring dengan digunakannya halte yang melalui Jalan Enggono, Jalan Danau Sunter Utara, dan Jalan Bandengan Selatan.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X