Kompas.com - 08/04/2013, 16:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Stres yang sudah menjadi "menu" harian, pola makan yang buruk, hingga perawatan rambut yang salah bisa menjadi penyebab rambut mudah rontok. Rangsang kembali pertumbuhan rambut dengan tiga langkah berikut ini.

1. Variasi makanan

Tubuh memerlukan protein untuk memproduksi rambut, karena itu pastikan asupan makan Anda terdiri dari 15 persen protein yang bisa didapatkan dari daging unggas, susu, telur, daging, atau kacang-kacangan.

Selain itu, Anda juga perlu mengasup lemak jenuh dan karbohidrat dalam jumlah sedang untuk menyediakan energi yang diperlukan tubuh sehingga seluruh proses tubuh terjamin fungsinya.

Suplementasi vitamin juga penting. Pilihlah suplemen yang mengandung beta karoten, vitamin A dan B, serta zinc. Zat-zat tersebut sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

2. Kelola stres

Stres sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Saat Anda sering mengalami stres, tubuh secara khusus akan memberi perhatian untuk menghadapi stres tersebut. Akibatnya, perhatian terhadap fungsi normal tubuh menjadi terganggu, misalnya saja pertumbuhan rambut.

Menghilangkan stres sama sekali mungkin agak sulit. Karena itu mulailah mengelola stres agar tidak sampai mengganggu kesehatan. Lakukan olahraga rutin atau meditasi. Cukup tidur setiap malam juga sangat membantu menurunkan kecemasan dan stres.

3. Beri perhatian pada kulit kepala

Rangsanglah sirkulasi darah di bagian kulit kepala sehingga folikel rambut lebih aktif dan mampu tumbuh dalam kecepatan yang normal. Keramas dengan sampo yang tepat juga akan membersihkan kulit kepala dan folikel rambut dari debu dan minyak.

Sebagai tambahan, teteskan sedikit minyak lavender ke dalam sampo atau kondisioner rambut. Minyak lavender dan juga minyak ylang-ylang, sangat membantu merangsang folikel rambut sehingga rambut cepat tumbuh. Selain itu, minyak esensial ini berbau harum sehingga rambut pun tercium wangi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.