Kain yang Dipakai RA Kartini Dipamerkan

Kompas.com - 10/04/2013, 04:14 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Sehelai kain langka yang pernah dikenakan Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini (1879-1904) dipamerkan pada acara ”Puspa Pesona Wastra, Tokoh Perempuan Indonesia” di Museum Nasional Jakarta.

Acara yang berlangsung hingga 14 April itu juga memamerkan enam lembar kain yang pernah dipakai Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien (1848-1908) serta ratusan kain lain yang meliputi 75 kain batik, 45 kain songket, selendang dan sulaman, serta 15 kain kebaya sejenis baju.

Kain RA Kartini itu adalah batik motif parang klitik. ”Kain ini melambangkan kelemahlembutan, halus, feminin, dan bijaksana,” kata ketua pameran Neneng Iskandar di Jakarta, Selasa (9/4). Kain katun berukuran 250 x 150 sentimeter itu merupakan batik tulis, dengan kondisi tanpa noda, lubang, ataupun sobek.

Adapun kain sulaman RA Kartini bermotif puspa. Kain batik berwarna dasar coklat muda keabu-abuan ini dipenuhi rangkaian bunga-bunga kecil (buketan) biru tua dan kupu-kupu dalam gaya Hindu-Jawa berwarna.

Kain-kain lain yang ditampilkan, antara lain, milik atau pernah dikenakan Johanna Nasution (istri Jenderal AH Nasution), Laili Roesad (duta besar perempuan pertama dari Sumatera Barat), Lasmidjah Hardi (pendiri Wastraprema dari Jawa Timur), Maria W Maramis (pahlawan perjuangan wanita Sulawesi Utara), Rohana Kuddus (wartawati pertama di Sumatera dan Indonesia), Herawati Diah (pendiri Ikatan Sarjana Wanita Indonesia), dan Nurani Bambang Utoyo (laskar wanita dari Sumatera Selatan).

Pameran juga diisi talkshow ”Kain Diranah Bunda: Cita, Karsa, dan Karya” serta ”Selayang Pandang Kain Kuno yang Mulai Terlupakan”.

”Acara ini untuk memperingati Hari Kartini. Kami ingin menampilkan kain warisan budaya dan peran wanita di dalamnya,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Wastraprema Nanuk Sri Humiyarsih Gastel. Awalnya, pameran ini hanya berlangsung hingga 7 April. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.