Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 11:23 WIB

TANYA:
 
Anak saya 1 tahun 4, BB 10 Kg bulan pernah mengalami step kurang lebih 10 menit, kemudian saya bawa ke rumah sakit. Diagnosa dokter ada infeksi di paru-paru yang menyebabkan anak saya step.
 
Yang saya ingin tanyakan kenapa anak saya semenjak keluar dari rumah sakit kondisi tubuhnya tidak stabil dalam artian tidak bisa jalan dan beraktifitas ( bagian tubuh sebelah kanan tidak terlalu respon & kepala miring sebelah kanan sepertinya bagian tubuhnya tidak seimbang). Apakah itu dipengaruhi oleh step? Saya takut dok kalo nantinya ada apa-apa dgn anak saya.
 
(Lerni, Makasar)

JAWAB :
Sayang sekali Ibu tidak memberikan informasi tambahan seperti saat step (kejang), apakah setelah kejang ia dalam kondisi sadar penuh, tidak terjadi kejang yang berulang, atau kejang lama (lebih dari 15 menit).

Apa diagnosis kejangnya tersebut? (selain infeksi paru) Apakah kondisi saat ini terjadi hanya sementara, beberapa hari setelah pulang dari perawatan? Karena bila iya, maka dapat saja kondisi tersebut hanya proses adaptasi setelah ia sakit.

Tetapi bila kondisi tersebut cenderung menetap mungkin saja ada kondisi lain yang masih memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk menyatakan penyebab pastinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com