Oscar Lawalata Ingin Kain Tradisional Jadi Busana Sehari-hari

Kompas.com - 24/10/2013, 14:27 WIB
Koleksi KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKoleksi "I Am Indonesian" di JFW 2014
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Jakarta Fashion Week 2014 menjadi tahun kelima penyelenggaraan kampanye Go Red for Women yang digaungkan oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI). Sama seperti tahun sebelumnya, YJI bekerjasama dengan desainer Oscar Lawalata untuk menghasilkan koleksi busana siap pakai. Tahun ini, YJI dan Oscar mengusung tema "I Am Indonesian".

"Tema ini saya pilih untuk menunjukkan kepada para perempuan muda bahwa kain tradisional ini tidak hanya bisa digunakan untuk datang ke pernikahan, acara adat, atau acara formal lainnya. Tetapi, sebagai bangsa Indonesia kita juga harus bangga menggunakan busana dari kain tradisional ini sebagai busana sehari-hari," jelas Oscar Lawata saat konferensi pers peragaan busananya di Jakarta Fashion Week 2014, Senayan City, Selasa (22/10/2013) lalu.

Dalam show kali ini, Oscar menghadirkan 60 busana yang terbuat dari kain-kain nusantara yang diolah dengan lebih modern. Kakak dari Mario Lawalata ini menggunakan material beruba songket Bali, Kain ikat dari Flores, Pulau Timor, dan kain dengan motif Kalimantan.

"Semua busana ini dipadukan dengan embroidery dan semua pengerjaannya handmade," tambahnya.

Untuk memberikan sentuhan gaya busana dari kain tradisional ini, Oscar memadukannya dengan membuat siluet busana yang modern. Misalnya celana, gaun pas badan, rok, dan juga sarung. Oscar banyak memberikan permainan tekstur berupa draperi di koleksinya ini.

Sekalipun masih dalam bagian kampanye Go Red for Women, namun Warna-warna yang digunakannya pun terlihat sangat beragam beragam. Paduan warna kain tradisional yang gelap dengan benang cerah untuk membentuk motif-motifnya menjadikan koleksinya kali ini jadi lebih anggun.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X