Kompas.com - 03/12/2013, 13:21 WIB
Ilustrasi tidur ShutterstockIlustrasi tidur
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu keuntungan dari cukup tidur setiap malam adalah membantu menjaga berat badan. Akan tetapi, tidur 8 jam bukan berarti Anda bisa mulai tidur kapan saja sesempatnya. Terkadang tidur mulai jam 10 malam, besoknya jam 2 pagi, tergantung kesibukan.

Jika Anda berharap mendapat bonus tubuh langsing dari kebiasaan tidur cukup, maka Anda perlu konsisten mengatur waktu tidur. Demikian menurut para peneliti yang hasil studinya dipublikasikan dalam American Journal of Health Promotion.

Setelah mengamati pola tidur 330 wanita selama beberapa minggu, terutama menganalisa kaitan antara pola tidur dan komposisi tubuh, diketahui bahwa wanita yang pola tidurnya teratur berat badannya lebih ramping.

Wanita yang jam tidurnya dan juga jam bangunnya berfluktuasi kurang dari satu jam setiap hari memiliki lemak tubuh lebih sedikit dibanding dengan mereka yang pola tidurnya berubah-ubah dengan perbedaan waktu lebih dari 90 menit.

"Kami cukup terkejut karena pola tidur yang konsisten sangat penting dibandingkan dengan durasi tidur untuk menentukan lemak tubuh," kata ketua peneliti Bruce Bailey.

Tetapi itu bukan berarti Anda bisa konsisten dalam jam tidur dan jam bangun namun waktu tidurnya kurang dari 5 jam. Beberapa riset sebelumnya telah menunjukkan orang yang tidur kurang dari 6,5 jam dan lebih dari 8 jam, memiliki prosentase lemak lebih banyak.

Konsistensi waktu tidur berpengaruh besar karena ini berkaitan dengan perubahan fisiologi. Ini juga diduga berkaitan dengan kondisi yang stres. Dengan kata lain, orang yang pola tidurnya tidak konsisten bisa menjadi pertanda ia memiliki kesibukan yang tinggi atau sedang menghadapi stres.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.