Kompas.com - 14/12/2013, 13:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Saat Natal akan tiba, jangan sampai kerepotan belanja hadiah untuk keluarga dan kerabat. Terapkan strategi belanja hadiah Natal, agar pengeluaran menjadi lebih efisien.

Buat Daftar
Siapkan daftar belanja hadiah Natal jauh sebelum hari belanja. Pada daftar belanja, sisipkan alternatif lain hadiah Natal. Ini akan mempermudah rencana, sehingga waktu belanja pun lebih efektif. Selalu bawa daftar tersebut saat pergi ke pusat perbelanjaan agar ingat semua yang dibutuhkan dan menghindari belanja barang yang sama karena lupa.

Jangan Tunggu "Last Minute"!
Semakin dekat hari Natal, semakin banyak orang yang juga berbelanja. Pusat perbelanjaan pun makin ramai.Lebih baik, beli satu per satu hadiah mulai awal Desember, sehingga terhindar dari hiruk pikuk menjelang Natal.

Hindari Waktu Ramai
Berbelanja di jam-jam sepi membuat Anda terhindar antrian panjang dan hiruk pikuk pusat perbelanjaan (seperti akhir pekan). Plus, membantu memutuskan membeli barang yang terbaik.

Pilih tempat yang menawarkan waktu buka lebih panjang. Tips lainnya, ambil hari atau jam yang tidak ramai seperti sore di hari kerja. Bila perlu, belanja online juga bisa dipertimbangkan.

Tetapkan Anggaran
Sebelum membeli hadiah Natal, tentukan anggaran dan jangan mengandalkan kartu kredit. Buatlah daftar hadiah Natal sesuai anggaran semampunya, dan patuhi daftar tersebut. Membeli barang-barang sesuai kemampuan lebih mudah daripada harus membayar tagihan kartu kredit belakangan.

Pusat perbelanjaan biasanya akan memberikan potongan harga di musim-musim tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaatkan Pesta Diskon
Pusat perbelanjaan biasanya akan memberikan potongan harga di musim-musim tertentu. Jika membeli di masa pesta diskon, bukan tak mungkin akan mendapatkan harga istimewa yang akan menghemat pengeluaran.

Namun jika harus membeli sesuatu yang dibutuhkan, tapi tidak berharga khusus, tetaplah berpatokan untuk membeli barang yang memuaskan, daripada menyesal kemudian hari.

Beli Hadiah Lebih
Di pesta diskon dan masih ada dana tersisa, belilah hadiah ekstra. Beli barang yang sekiranya cocok untuk wanita maupun pria. Bungkus dan beri catatan di atas barang yang sudah dibungkus. Jadi, jika sewaktu-waktu bertemu dengan orang yang tidak diperhitungkan memberi hadiah, tetap bisa membalas dengan hadiah tersebut.

Waspada Belanja Online
Belanja online memang menyenangkan. Namun, pastikan situs tempat berbelanja online memiliki fasilitas teknologi SSL (secure sockets layer). Fasilitas ini akan memastikan informasi kartu kredit tetap aman. Dan jika kelak tak kunjung mendapat barang yang dipesan, Anda dapat mengadukan tagihan.

Simpan Struk Pembelian
Jangan buang struk pembelian, untuk berjaga-jaga jika nanti ternyata barang yang dibeli terdapat cacat, rusak, salah ukuran, atau palsu.

Bungkus Istimewa
Kemasan adalah gambaran niat sang pemberi, jadi tambahkan sedikit anggaran untuk pengemasan hadiah yang lebih baik. Bila perlu, beri kartu ucapan yang akan menambah kesan istimewa pada hadiah Natal. Sebelumnya, periksa baik-baik barang yang akan dihadiahkan sebelum dibungkus. Jangan lupa untuk mencopot label harga sebelum membungkus.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.