Pil KB Sebabkan Rambut Rontok? - Kompas.com

Pil KB Sebabkan Rambut Rontok?

Kompas.com - 11/12/2014, 14:50 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com — Rambut rontok merupakan salah satu “ancaman” yang paling dikhawatirkan oleh sejumlah wanita. Ternyata, selain perawatan rambut yang salah, rambut rontok juga bisa menyebabkan karena pemakaian pil KB.

Menurut Melissa Piliang MD, dermatolog di Cleveland Clinic di Ohio, Amerika Serikat, jumlah hormon androgen pada pria dapat berinteraksi dengan rongga tempat tumbuhnya rambut sehingga membuatnya menjadi lebih tipis. Adapun beberapa tipe hormon progesteron yang lazim ditemukan di alat kontrasepsi oral seperti pil dapat menimbulkan dampak yang sama seperti yang disebabkan androgen.

"Kerontokan rambut karena pil lebih menimbulkan masalah, apalagi jika Anda mengonsumsi jenis pil KB versi lama. Pil KB versi baru dikembangkan untuk mengurangi efek samping seperti itu dan lebih bersifat anti androgen," ujar dr Piliang.

Nah, untuk mengurangi atau menghindari dampak kerontokan rambut yang disebabkan oleh pil KB, dr Piliang menyarankan agar berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi pil KB. Dengan konsultasi, dokter bisa memberikan pilihan alat kontrasepsi yang sesuai untuk Anda. "Konsultasi penting apalagi jika keluarga Anda memiliki riwayat rambut rontok," kata dr Piliang.

Faktor lain yang dapat menimbulkan terjadinya kerontokan rambut adalah stres. Ketika tubuh Anda mengalami suatu hal yang bersifat traumatik seperti operasi atau penyakit, maka siklus rambut pun akan menjadi kacau dan fase kerontokan rambut pun akan terjadi secara prematur. Kondisi ini disebut dengan telogen effluvium, yang juga dapat disebabkan oleh melahirkan.

"Kerontokan rambut biasanya akan berhenti ketika peristiwa yang membuat stres tersebut telah berakhir. Meskipun beberapa ahli meyakini bahwa stres secara emosional seperti wafatnya orang-orang terkasih dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, belum ada pembuktian ilmiah tentang ini," jelas Marie Gail Mercurio MD, profesor dermatologi di University of Rochester Medical Center, Rochester, New York, Amerika Serikat.


Editor Syafrina Syaaf
Close Ads X