BrandzView
Halaman ini merupakan kerja sama antara Samsung dan Kompas.com

Jangan Khawatir… Stres Bekerja di Kantor Ada Banyak Obatnya

Kompas.com - 20/10/2015, 08:11 WIB
Ilustrasi.


KOMPAS.com
– Membagi waktu dan energi memang tidak mudah bagi Anda para ibu yang aktif bekerja. Rutinitas pekerjaan kerap kali membuat Anda tak bisa mengelak dari tekanan dan stres karenanya.

Namun, stres yang berlebihan akan membuat Anda kesulitan fokus pada saat bekerja. Karena itu, perempuan yang bekerja juga butuh kegiatan dan waktu khusus untuk melepas penat.

Apa saja kegiatan yang dapat melepas stres di tempat kerja? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba :

Yoga

Yoga sudah dikenal menjadi aktivitas yang baik untuk menghilangkan stres. Anda bisa melakukannya sebelum tidur atau ketika Anda tengah merasa jenuh dan penat.

Manfaat yoga sudah banyak diketahui. Selain bersifat fisik, misalnya mengurangi nyeri kronik atau membuat tidur lebih nyenyak, rutin berlatih yoga juga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres.

Sekelompok peneliti menemukan kaitan antara yoga dan penanganan stres. Dalam laporan yang diunggah pada 2012 di Medical Hypotheses, yoga disebut dapat menurunkan stres karena gerakan-gerakannya bisa memperbaiki ketidakseimbangan sistem saraf.

Massage atau pijat

Bagi perempuan aktif, pola gaya hidup masa kini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stres. Salah satunya adalah tren massage atau pemijatan tubuh.

Lakukan pemijatan tubuh (body massage), karena kegiatan ini baik untuk relaksasi dan membuat normal kembali tekanan darah. Setelah pemijatan, Anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja bisa memulihkan badan yang letih.

Interaksi dengan rekan

Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, mengatakan bahwa melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi frustrasi di lingkungan kerja. Sebut saja, Anda membantu rekan kerja dengan mengirimkan e-mail informasi yang bermanfaat. Selain menolong sesama, interaksi dengan sekitar juga dapat membantu menyegarkan kembali pikiran Anda.

Mendengarkan musik

Penelitian pada 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan, mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga semakin bermanfaat baik sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan.

Mendengarkan musik juga dapat membantu memperbaiki sistem imun dan keadaan mental yang mengurangi stres. Secara umum, dampak mendengarkan musik adalah berkurangnya ketegangan otot, detak jantung melambat, dan energi pun meningkat sesuai dengan irama.

Manfaatkan media hiburan

Di era serba teknologi canggih seperti sekarang, Anda juga bisa memanfaatkan hiburan menggunakan gadget. Anda bisa bermain game ataupun berselancar di media sosial untuk sekadar mengecek informasi terkini.

Selain itu, perkembangan teknologi membawa inovasi tersendiri pada gawai. Layar berukuran 9,7 inci pada Samsung Galaxy Tab S2, misalnya, membuat nyaman mata saat Anda sedang bermain game atau menonton film.

Peranti teknologi yang canggih semacam itu juga memungkinkan Anda bekerja di luar kantor. Kelengkapan aplikasi seperti Microsoft Office membuat Anda bisa menjadikannya alat kerja sembari minum kopi di luar kantor atau tempat favorit lain.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPalupi Annisa Auliani