Kompas.com - 12/11/2015, 13:08 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bahaya cacing pita mungkin telah lama menjadi pembicaraan. Namun bila Anda membutuhkan fakta yang lebih jelas, berita yang dipublikasikan dalam CNN ini bisa menjadi jawaban.

Seorang dokter di Napa, California menemukan cacing pita di otak pasiennya dan hampir merenggut nyawa sang pasien. Luis Ortiz menderita sakit kepala terburuk dalam hidupnya, sebelum ahli bedah menemukan geliat cacing pita dalam kista pada otaknya. Kista berhasil diangkat dan Ortiz menjalani pemulihan penuh.

Beberapa hari sebelumnya, dalam England Journal of Medicine seorang peneliti dari Centers for Disease Control (CDC) mengumumkan, bahwa cacing pita juga bisa menjadi penyebab kanker paru-paru.

Kondisi tersebut membuat nyawa seorang pria Kolombia akhirnya terenggut. Tumor paru-paru yang membunuhnya di tahun 2013 berasal dari cacing pita yang telah hidup dalam sistem tubuhnya.

Dua cerita ini tampak menyeramkan, namun kenyataannya, saat ini ada 4 jenis parasit lain di sekitar kita yang sama bahayanya dengan cacing pita. Beberapa sumber parasit tersebut bahkan sangat mungkin Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

 

Toxoplasmosis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut data CDC, toksoplasma menyerang lebih dari 1 juta orang di Amerika. Sekali Anda terinfeksi, artinya Anda terinfeksi seumur hidup. Hal itu disebabkan karena toksoplasma mampu melewati dinding usus untuk menuju ke seluruh otot dan organ utama, sehingga menimbulkan masalah kesehatan seperti demam, penyakit mata, mengganggu sistem imun yang bisa berujung pada kematian.

Kasus terinfeksi toksoplasma pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kurangnya berat badan bayi saat lahir. Kasus toksoplasma pada ibu hamil telah mendapat perhatian khusus, karena terdapat sekitar 4.000 kasus setiap tahunnya.

Sumber utama parasit ini adalah kotoran kucing. Anda bisa saja menelan parasit setelah membersihkan kandang kucing atau memakan makanan apapun yang terkontaminasi oleh kotoran kucing.

Misalnya, Anda memakan sayuran mentah di mana kucing sering membuang kotorannya di kebun sayuran tersebut. Bila tak dicuci dengan bersih, maka sayur bisa menjadi penghantar toksoplasma. Selain itu, parasit ini juga berkembang biak pada daging mentah atau setengah matang.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Filariasis
Filariasis
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.