4 Hal yang Permudah Perceraian Anda

Kompas.com - 27/07/2016, 11:36 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com — Bagi semua orang, perceraian bukanlah hal yang mudah. Selain harganya yang mahal, prosesnya pun sangat panjang dan melelahkan bagi Anda, calon mantan pasangan, dan keluarga.

Namun, kadang kala apa yang kita lakukan justru membuat proses perceraian semakin merepotkan.

Berikut ini adalah empat hal yang dapat mempermudah perceraian Anda menurut pengacara perceraian:

1. Akun bank terpisah

"Pasangan yang memiliki akun bank bersama harus tahu bahwa salah satu dari mereka bisa menghabiskan akun tersebut begitu saja," kata Morghan Leia Richardson, pengacara perceraian dan mediator dari New York, Amerika Serikat.

Richardson mengusulkan Anda untuk memiliki akun bank terpisah walaupun dirahasiakan dari pasangan. "Kalau akun tersebut rahasia, kemungkinan besar Anda akan sangat membutuhkannya," katanya.

2. Jangan tulis surat kepada pasangan tanpa persetujuan pengacara

Ketika Anda menjadi pihak yang meminta perceraian, wajar saja bila Anda merasa bersalah pada pasangan. Namun, jangan menulis surat untuk menjelaskan alasan Anda meminta bercerai.

Christina Pesoli, seorang pengacara keluarga dari firma Coldwell Bowes, LLP berkata, "Orang-orang terbiasa mengambil tanggung jawab lebih dalam menulis surat semacam ini."

"Akan tetapi, menulis setumpuk surat yang menyalahkan diri sendiri bukan ide yang bagus. Surat-surat ini bisa menjadi 'Barang bukti A' yang melemahkan Anda," ujarnya.

3. Mintalah pengacara Anda untuk bertemu dengan pengacara pasangan

"Sebaiknya pengacara memulai komunikasi yang konstruktif sesegera mungkin," kata Christian Denmon, pendiri firma Denmon & Denmon Trial Lawyers.

Pembicaraan ini berfungsi untuk menetapkan aturan di antara kedua pihak, menyelesaikan masalah kecil yang bisa menjadi besar di pengadilan, serta mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

4. Siapkan waktu

Nasihat ini memang terdengar sederhana, tetapi banyak orang yang terlalu sibuk untuk mengurus perceraian mereka.

Karen Covy, seorang pengacara perceraian dan penulis buku When Happily Ever After Ends: How to Survive Your Divorce Emotionally, Financially, and Legally, menyarankan Anda untuk menyiapkan waktu untuk proses perceraian.

"Anda akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengumpulkan dokumen, menemui pakar, menghitung keuangan, dan memisahkan harta benda. Anda juga akan memastikan bahwa kesejahteraan dan transisi anak-anak Anda berjalan semulus mungkin," katanya.


EditorShierine Wangsa Wibawa

Close Ads X