Alasan Rekan Kerja Wanita yang Judes Lebih Sukses

Kompas.com - 02/08/2016, 07:00 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com – Anda pikir perilaku kooperatif dan ramah membuat Anda populer di kantor? Ya, bisa jadi.

Namun, Anda perlu tahu bahwa karyawan yang ramah dan banyak disukai orang karena ramah serta mudah berteman, tidak memiliki penghasilan besar.

Lalu, siapa yang memiliki gaji tinggi? Rekan kerja Anda yang judes dan tidak kooperatif. Apa pasal?

Menurut sebuah studi, karyawan yang memiliki perilaku sulit, terutama dalam bekerjasama dengan rekan kerja satu tim, memperoleh gaji lebih tinggi ketimbang karyawan yang berkepribadian menyenangkan.

Peneliti menemukan bahwa penghasilan tahunan karyawan yang dicap judes ini lima persen lebih tinggi dari rekan kerja yang ramah dan banyak teman di kantor.

Phil Owens, Executice Coach, di Resourced Leaders, memiliki pendapat bahwa wanita dengan karakter agresif lebih tegas saat negosiasi kompensasi, mencakup gaji, fasilitas, kesehatan, dan bonus.

Jadi, rekan kerja wanita dengan karakter demikian telah memulai karier dengan penghasilan awal lebih tinggi.

Sebaliknya, karyawan berkepribadian ceria, supel, dan manis, lebih menerima dengan berapapun penawaran dari perusahaan.

Studi ini merupakan kolaborasi penelitian antara Cornel, The University of Notre Dame, dan The University of Western Ontario, selama 20 tahun pengumpulan sekaligus komparasi data penghasilan berdasarkan karakter dasar karyawan wanita.

“Masalahnya, tak sedikit manager yang merasa kompensasi mereka tidak bisa dievaluasi ulang. Biasanya, mereka memiliki pribadi yang menghindari konfrontasi,” ujar Beth A. Livington, Rekan Penulis Studi dan Profesor di Cornell.

Selain itu, karyawan wanita yang agresif dan kurang supel tidak peduli penilaian orang lain saat mengemukakan pendapat. Mereka bicara apa yang mereka pikirkan.

Sementara itu, karyawan kooperatif dan supel, banyak berpikir sebelum menyuarakan opini. Mereka khawatir orang lain dan atasan merasa tersinggung setelah mendengar pendapat mereka.

Jadi, mana yang Anda pilih, menjadi karyawan judes dan tidak kooperatif, atau karyawan ramah dan mudah bekerjasama?

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Editor Syafrina Syaaf
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X