Dampak Pernikahan Anak Lebih Besar dari yang Anda Bayangkan

Kompas.com - 10/12/2016, 11:36 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Salah satu masalah terbesar di Indonesia sendiri adalah kekerasan terhadap wanita dan anak. Hal ini terlihat dari data Badan PBB untuk anak (UNICEF) yang menunjukkan bahwa sekitar 17 persen wanita di Indonesia menikah sebelum usia 18 tahun.

Untuk itu, Antarini Arna, Direktur Program Keadilan Gender Oxfam di Indonesia, menjelaskan mengenai dampak negatif dari pernikahan anak di bawah umur.

“Jika anak dikawinkan di usia dini akan membuat hidupnya tidak baik karena dia putus sekolah, kesepian, dan rentan kekerasan,” ujarnya dalam Talkshow: Penghapusan Praktik Perkawinan Anak di Indonesia, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Pernikahan anak pada dasarnya terjadi karena berbagai macam alasan, di antaranya kepercayaan dan budaya yang menyatakan bahwa wanita sudah layak menikah ketika telah mengalami menstruasi.

Kemudian, disebabkan karena alasan ekonomi yang menempatkan wanita sebagai beban tambahan bagi keluarga sehingga dengan dinikahkan, maka akan mengurangi beban keluarga.

Selain itu, juga karena kerangka hukum yang menyebabkan wanita dapat menikah secara legal di bawah usia 16 tahun.

Orangtua dan orang-orang dewasa di sekeliling anak wajib mengetahui, anak perempuan juga membutuhkan keadilan di mana mereka juga dapat mengejar mimpi dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, menikahkan bukan berarti memberi anak kehidupan yang lebih baik.

Dian Kartika Sari, Direktur Koalisi Perempuan Indonesia, justru mengungkapkan bahwa perkawinan anak bukan saja berada dalam lingkaran kekerasan, tetapi juga dalam lingkaran kemiskinan.

“Memutus perkawinan anak berarti mengurangi kemiskinan,” ucapnya.

Oleh karena itu, dia pun berpesan kepada orangtua untuk tidak menikahkan anak-anaknya, dan kepada orang dewasa untuk tidak menikahi anak-anak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X