Kompas.com - 13/04/2017, 13:05 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Entah Anda seorang penulis, atau akuntan, atau bahkan pemusik, kadang pekerjaan mengharuskan Anda duduk di belakang meja sambil menatap layar komputer sepanjang hari.

Hal ini tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk mata Anda. Lakukan enam trik ini untuk menghindari beragam keluhan akibat terlalu lama menatap layar komputer.

1. Sempurnakan posisi meja Anda

Posisi komputer di atas meja kerja erat kaitannya dengan kesehatan mata Anda. Jika posisi meja Anda terlalu pendek, sehingga posisi komputer Anda pun demikian, Anda bisa mudah sakit punggung dan leher karena harus selalu menunduk ketika bekerja.

Hal yang sama terjadi ketika posisi meja kerja Anda terlalu tinggi. Atur posisi komputer agar sejajar dengan pandangan mata.

Jika Anda harus menunduk, upayakan tidak lebih dari 10 derajat ke bawah, demikian saran dari American Optometric Association.

2. Tetap terhidrasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minum air sangat penting untuk kesehatan. Selain membantu penurunan berat badan, kesadaran untuk cukup minum juga akan memaksa Anda untuk bangun dari kursi untuk mengambil air minum atau sesekali buang air kecil. Hal ini, tanpa sadar, akan membuat mata Anda beristirahat sejenak.

3. Hindari lift

Jika Anda bekerja di gedung bertingkat upayakan untuk naik-turun tangga setidaknya sebanyak dua hingga tiga lantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.