Kompas.com - 26/04/2017, 15:09 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Salah satu topik yang sulit untuk dibicarakan oleh pasangan adalah keuangan. Bahkan, menurut sebuah survei pada tahun 2015, finansial dianggap sebagai topik yang lebih tabu untuk dibicarakan dibanding soal rumah dan anak.

(Baca juga: Banyak Pasangan Suami Istri Tidak Terbuka soal Uang dan Utang)

Padahal, menurut perencana keuangan, Budi Raharjo, CFP, penghasilan Anda setelah menikah tidak lagi untuk diri sendiri. Jadi harus ada keterbukaan di antara pasangan mengenainya.

“Setelah menikah, penghasilan yang tadinya buat sendiri, sekarang harus berbagi dengan pasangannya, terutama pria sebagai kepala keluarga,” ujar Budi saat diwawancarai beberapa waktu usai peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta.

Dia pun menyarankan agar setiap pasangan melakukan pencatatan pengeluaran sehari0hari untuk menyiasati pengeluaran setelah berumah tangga.

“Jadi setiap rumah tangga ada yang bertugas mencatat dan merangkum agar suami istri tahu pola pengeluaran,” jelasnya.

Hal ini sangat disarankannya demi mencegah dari pembelanjaan yang tidak perlu. Sebab, pasangan yang mencatat pengeluarannya akan lebih sadar, berhati-hati, dan cermat dalam membelanjakan uangnya.

Selain itu, mencatat pengeluaran dengan baik juga membantu pasangan untuk mengukur rata-rata biaya belanja setiap harinya.

Terakhir, Budi mengingatkan, alangkah baiknya para pasangan yang sudah menikah membuat sebuah kesepakatan, seperti halnya membicarakan pengeluaran yang besarnya di atas Rp 1 juta, termasuk tagihan kartu kredit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.