Kompas.com - 28/04/2017, 08:09 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Salah satu hal yang dirindukan dalam pertemuan keluarga adalah saling mengenang kejadian lucu dan seru di masa kecil. Ingatan masa kecil kita mungkin tidak utuh, terkadang kita baru ingat pernah melakukannya karena disinggung dalam obrolan dengan kakek nenek atau pun sepupu.

Namun demikian, ada peristiwa yang berbekas kuat dalam memori kita, misalnya saja rasa bahagia ketika dibelikan sepeda, atau dihukum orangtua karena ketahuan berbohong.

Bila saat ini Anda sudah menjadi orangtua, ketahui apa saja hal-hal yang akan diingat anak dari masa kecilnya saat mereka sudah dewasa.

1. Pengalaman bersama
Anak mungkin tak akan mengingat setiap mainan yang Anda belikan untuknya, atau berapa kali Anda membelikan ia es krim favoritnya. Meski begitu, ada beberapa hal yang akan terus melekat dalam ingatan sepanjang usia.

Pengalaman, bukan benda, adalah hal yang membuat kita mengingat kehangatan kasih sayang keluarga. Jadi, mungkin yang akan anak ingat adalah ia pergi ke cafe dengan ayah ibunya, lalu memesan es krim atau milkshake dan menikmati waktu bersama.

2. Waktu Anda tak memegang gadget
Seringkali kita melihat momen-momen istimewa lewat kamera ponsel. Karena tidak hadir utuh di momen itu mungkin saja ada hal kecil yang terlewat yang ingin ditunjukkan anak saat itu.

Ketika kita memberikan perhatian secara utuh, tanpa terbagi ke gadget, anak akan merasakan mereka memiliki Anda secara penuh, mereka akan merasakan bahwa mereka dicintai.

Anak memang tahu orangtuanya mencintainya, tetapi ada momen istimewa ketika hanya ada Anda dan si kecil dan mereka menyadari bahwa ayah ibunya benar-benar peduli.

3. Kata-kata positif
Mengungkapkan cinta tak selalu harus berupa kata "I love you". Ada banyak ungkapan lain yang bermakna sama, misalnya saja "Ayah bangga denganmu," atau "Kamu membuat keluarga ini lebih berwarna," dan "Kamu sahabat kecil ibu". Memberi pujian pada anak, terutama setelah anak melakukan hal yang positif, akan membentuk identitas dan rasa berharga di dalam dirinya sejak dini.

Thinkstockphotos Ilustrasi
4. Cara menghadapi situasi sulit
Anak akan melihat orangtuanya sebagai panduan dan pegangan di dunia yang besar ini. Kehidupan memang tak selalu mulus, ada kalanya ujian menghadang, seperti kehilangan anggota keluarga atau harus merawat keluarga yang sakit, anak akan mengingat reaksi kita menghadapi situasi tersebut, cara kita berbicara pada mereka dan cara kita membuatnya merasa aman dan terlindungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.