Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengeluaran untuk Liburan Keluarga Lebih Bermanfaat Ketimbang Beli Mainan Anak

Kompas.com - 28/04/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pengeluaran untuk berlibur, memang tidak kecil. Meski begitu, para ahli parenting mengatakan bahwa uang yang dianggarkan untuk liburan keluarga jauh lebih bermanfaat ketimbang membelikan anak mainan.

Waktu liburan adalah jeda yang ditunggu-tunggu setiap orang, terutama orangtua yang sehari-hari harus bekerja meninggalkan anak.

Selama liburan, Anda dan si kecil punya waktu lebih panjang untuk menikmati waktu bersama bahkan 24 jam selalu bersama.

Ke mana pun tujuan liburan Anda, luar kota atau bahkan luar negeri, liburan memang selalu meninggalkan kenangan manis, termasuk untuk anak. Sementara mainan biasanya cepat membuat anak bosan.

"Liburan keluarga sangat berharga untuk anak, bukan hanya saat itu tapi juga setelahnya," kata Oliver James, psikolog.

Ia mengatakan, bukan hanya pergi ke tempat yang baru tetapi kebersamaan dengan keluarga dalam suasana yang menyenangkan yang membuat masa liburan sulit dilupakan.

Manfaat lain dari liburan yang jarang diketahui adalah bagus untuk perkembangan otak anak.

"Lingkungan yang baru memberikan pengalaman baru. Dikombinasikan dengan interaksi sosial, fisik, kognitif, dan sensori, pengaruhnya positif bagi perkembangan otak," katanya.

James menyarankan untuk melakukan kegiatan yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari anak, misalnya berjalan-jalan di hutan, berkemah, bermain pasir di pantai, atau mengunjungi kota besar yang bersih dan teratur.

Pengalaman tersebut akan mengaktifkan bagian otak tertentu sehingga bisa meningkatkan fungsi eksekutif otak seperti pengaturan stres, perhatian, konsentrasi, dan kemampuan untuk belajar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com