Kompas.com - 28/04/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pengeluaran untuk berlibur, memang tidak kecil. Meski begitu, para ahli parenting mengatakan bahwa uang yang dianggarkan untuk liburan keluarga jauh lebih bermanfaat ketimbang membelikan anak mainan.

Waktu liburan adalah jeda yang ditunggu-tunggu setiap orang, terutama orangtua yang sehari-hari harus bekerja meninggalkan anak.

Selama liburan, Anda dan si kecil punya waktu lebih panjang untuk menikmati waktu bersama bahkan 24 jam selalu bersama.

Ke mana pun tujuan liburan Anda, luar kota atau bahkan luar negeri, liburan memang selalu meninggalkan kenangan manis, termasuk untuk anak. Sementara mainan biasanya cepat membuat anak bosan.

"Liburan keluarga sangat berharga untuk anak, bukan hanya saat itu tapi juga setelahnya," kata Oliver James, psikolog.

Ia mengatakan, bukan hanya pergi ke tempat yang baru tetapi kebersamaan dengan keluarga dalam suasana yang menyenangkan yang membuat masa liburan sulit dilupakan.

Manfaat lain dari liburan yang jarang diketahui adalah bagus untuk perkembangan otak anak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Lingkungan yang baru memberikan pengalaman baru. Dikombinasikan dengan interaksi sosial, fisik, kognitif, dan sensori, pengaruhnya positif bagi perkembangan otak," katanya.

James menyarankan untuk melakukan kegiatan yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari anak, misalnya berjalan-jalan di hutan, berkemah, bermain pasir di pantai, atau mengunjungi kota besar yang bersih dan teratur.

Pengalaman tersebut akan mengaktifkan bagian otak tertentu sehingga bisa meningkatkan fungsi eksekutif otak seperti pengaturan stres, perhatian, konsentrasi, dan kemampuan untuk belajar.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X