Kompas.com - 01/05/2017, 16:11 WIB
Makanan yang Anda kira sehat, belum tentu sehat karena pemrosesan dan tambahan kandungan lain DAJMakanan yang Anda kira sehat, belum tentu sehat karena pemrosesan dan tambahan kandungan lain
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Beberapa jenis makanan yang kita kira sebagai makanan sehat ternyata tidak sesehat yang kita bayangkan. Artinya, bila kita ingin mengurangi berat badan atau ingin mendapatkan nutrisi yang lebih baik, ada beberapa makanan dengan label sehat yang sebaiknya tidak kita konsumsi berlebihan. Apakah makanan-makanan itu?

Teh hijau kemasan atau dalam botol

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun itu hanya berlaku bagi teh hijau yang memang kita seduh dari daun teh asli. Sebaliknya, teh hijau dalam kemasan atau botol yang banyak dijual di pasaran ternyata tak sesehat yang kita kira.

lzf Teh dalam botol
Beberapa penelitian tentang kandungan teh kemasan menunjukkan bahwa isinya lebih banyak perasa teh hijau dan gula. Lebih jauh, beberapa merk teh hijau kemasan teryata tidak mengandung, atau mengandung sedikit saja ECGC, senyawa antioksidan yang diyakini mencegah kanker dan membantu penurunan berat badan.

Tentu Anda tetap boleh minum teh kemasan atau teh hijau dalam botol. Namun bila Anda ingin  mendapat manfaat maksimal dari teh hijau, maka lebih baik menyeduh sendiri minuman itu dari daun teh hijau asli.

Kacang polong kaleng

Kacang polong adalah makanan sehat. Tapi versi yang dikalengkan seringkali mengandung banyak gula dan sirup untuk mengawetkannya dan memberi rasa. Artinya ada tambahan kalori cukup besar dalam kemasan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila Anda ingin menyantap kacang polong yang lebih sehat, pilih kacang segar dan rebuslah sebagai santapan. Ini jauh lebih baik dibanding kacang polong yang melewati pemrosesan.

Keripik pisang

Sekali lagi, pisang dalam bentuk buah tanpa melalui pemrosesan adalah makanan yang lebih sehat. Pisang adalah sumber potasium, vitamin C, dan serat. Namun setelah digoreng menjadi keripik atau pisang goreng, nutrisinya akan berkurang. Selain itu kalorinya akan bertambah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.