Kompas.com - 09/06/2017, 20:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Susu memiliki kandungan gizi berlimpah, terutama kalsium dan vitamin. Dibanding makanan lain, kalsium dalam susu merupakan tertinggi dan berkhasiat bagi kepadatan tulang.

Karena menganggap kandungan gizinya lengkap, tak sedikit orang yang memilih segelas susu sebagai pengganti sarapan, bahkan untuk menu sahur pengganti nasi. Namun, apakah minum susu boleh dalam keadaan perut kosong?

Ahli gizi, Dr Maurudut mengatakan susu bukanlah asupan utama dan tidak bisa menggantikan makan besar. 

Memang tidak ada patokan kapan waktu minum susu yang tepat, karena tergantung pada kebiasaan. "Efeknya tergantung pada faktor metabolisme tubuh masing-masing orang,” kata Marudut kepada Kompas Lifestyle di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Marudut mengatakan saat perut kosong, maka penyerapan sangat baik, sehingga bila susu diminum sebelum makan, seharusnya tak memiliki efek samping. Kandungan gizinya malah akan diserap dengan baik.

“Saat perut kosong, maka akan terjadi penurunan zat gizi. Saat itulah penyerapan makin bagus, tubuh akan cepat menangkap,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.