Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2017, 20:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Susu memiliki kandungan gizi berlimpah, terutama kalsium dan vitamin. Dibanding makanan lain, kalsium dalam susu merupakan tertinggi dan berkhasiat bagi kepadatan tulang.

Karena menganggap kandungan gizinya lengkap, tak sedikit orang yang memilih segelas susu sebagai pengganti sarapan, bahkan untuk menu sahur pengganti nasi. Namun, apakah minum susu boleh dalam keadaan perut kosong?

Ahli gizi, Dr Maurudut mengatakan susu bukanlah asupan utama dan tidak bisa menggantikan makan besar. 

Memang tidak ada patokan kapan waktu minum susu yang tepat, karena tergantung pada kebiasaan. "Efeknya tergantung pada faktor metabolisme tubuh masing-masing orang,” kata Marudut kepada Kompas Lifestyle di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Marudut mengatakan saat perut kosong, maka penyerapan sangat baik, sehingga bila susu diminum sebelum makan, seharusnya tak memiliki efek samping. Kandungan gizinya malah akan diserap dengan baik.

“Saat perut kosong, maka akan terjadi penurunan zat gizi. Saat itulah penyerapan makin bagus, tubuh akan cepat menangkap,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com