Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2017, 20:38 WIB
Wisnubrata

Penulis

Anda tak perlu berdandan berlebihan, memakai pakaian yang bagus, atau mengendarai mobil mahal. Untuk terlihat menarik ternyata ada cara yang jauh lebih murah dan mudah. Ini mungkin terdengar konyol, namun penelitian terbaru menyebutkan Anda cukup berada di antara orang-orang yang kurang menarik untuk terlihat menonjol dan lebih menarik. Serius!

Menurut study yang dipublikasikan di journal Psychological Science, anggapan tentang menarik atau tidaknya seseorang ternyata tergantung konteks dan situasi. Dalam riset itu para peneliti meminta partisipan untuk menilai seberapa menarik foto-foto wajah yang ditampilkan. Mereka kemudian melihat skor masing-masing foto.

Lalu foto-foto yang sama dijajarkan lagi namun bersama foto wajah orang-orang lain yang berbeda dan kembali dinilai. Ternyata hasil penilaian pertama dan kedua berubah. Foto yang sama dinilai lebih tinggi saat disejajarkan dengan foto wajah orang lain yang kurang menarik, dibanding bila ia dipasang bersama foto lain yang menarik.

“Saat ini kita seringkali menganggap tingkat menarik seseorang akan stabil,” kata Dr Nicholas Furl, penggagas study itu. “Bila kita melihat wajah George Clooney hari ini, kita akan memberi nilai sama dengan bila kita melihatnya esok hari. Namun percobaan ini menunjukkan bahwa lingkungan sekitar memiliki pengaruh seberapa menarik seseorang dibanding yang lain.”

Pada intinya, penelitian ini menggarisbawahi bahwa anggapan kita soal definisi menarik bisa berubah tergantung dengan siapa Anda berada dan seberapa menarik orang lain itu dibanding Anda. Seseorang akan dianggap lebih menarik bila ia berada di antara orang lain yang kurang menarik dan sebaliknya.

Ini kenyataan yang pahit, namun masuk akal. Jadi bila Anda ingin terlihat lebih menarik, beradalah di antara mereka yang tidak akan mengalahkan Anda soal penampilan.

Baca: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com