Kompas.com - 30/06/2017, 18:17 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Pria dan wanita menghabiskan puluhan juta setiap tahunnya hanya untuk menghilangkan rambut-rambut yang tumbuh di tubuh mereka. Mulai dari sinar laser, waxing, sampai cara yang lebih tradisional.

Rambut di tubuh, atau sering disebut sebagai bulu, memang bisa menjengkelkan jika tumbuh di tempat yang mudah terlihat, seperti ketiak, kaki, atau tangan.

Sebenarnya para ahli juga belum mengetahui dengan jelas mengapa ada bulu di bagian tubuh tertentu. Tidak semua bulu juga bisa diperlakukan sama, ada yang kemunculannya justru dianggap berkah karena bisa memberi kesan seksi dan maskulin.

Ketahui apa saja fakta unik seputar rambut di bagian tubuh ini.

1. Ada dua tipe
Tipe yang pertama adalah rambut terminal adalah bagian rambut yang panjang dan tebal, misalnya janggut, bulu di organ kemaluan, dan juga bulu ketiak. Sementara itu tipe rambut vellus yang lebih halus, mmisalnya saja bulu di tangan.

Bayi juga memiliki bulu yang berbeda, yang disebut dengan lanugo. Bulu-bulu halus ini biasanya akan hilang tak lama setelah bayi lahir.

2. Mengatur suhu
Rambut di tubuh membantu mengatur keringat sehingga tubuh terasa lebih sejuk. Jika suhu dalam tubuh terlalu tinggi bisa mengancam nyawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Rontok 150 helai setiap hari
Rambut yang rontok 100-150 helai setiap hari tergolong normal karena akan selalu ada rambut yang baru tumbuh. Mayoritas manusia memiliki siklus  rambut 100.000 helai dalam tiga tahun dan digantikan setiap hari.

Thinkstockphotos Ilustrasi
4. Rambut di organ vital selalu dipangkas
Sekitar 90 persen orang mencukur atau memangkas rambut di organ kemaluan mereka. Peneliti juga menemukan bahwa menurut survei 60 persen pria lebih menyukai jika pasangannya tidak memiliki rambut kemaluan. Sementara itu, sekitar 19 persen pria mengaku selalu mencukur habis rambut pubis mereka.

5. Ada kaitan dengan kecerdasan
Menurut salah satu penelitian, makin banyak rambut di tubuh makin cerdas pula seseorang.

6. Alis mata mencegah keringat masuk mata
Alis mata memiliki fungsi utama mencegah keringat, air, dan juga debu terjatuh masuk ke dalam mata. Bentuk lengkungan alis juga mencegah air atau keringat masuk sehingga mata tetap kering. Bentuk alis juga memengaruhi kemampuan kita melihat.

7. Bulu dada pada wanita
Tak sedikit wanita yang juga memiliki rambut halus di bagian payudaranya. Pertumbuhan payudara yang pesat ternyata membuat semacam stretch marks yang akan memudar seiring waktu. Pada gadis remaja, pubertas juga membuat rambut halus tumbuh di sekitar aerola.

8. Penyakit langka
Pada tahun 2012 dilaporkan ada seorang wanita berusia 28 tahun yang mengalami pertumbuhan rambut di kukunya. Dokter menemukan folikel rambut di tubuhnya memproduksi sel kulit dan sel rambut 12 kali lebih banyak dari orang normal. Akibatnya folikel rambutnya justru memproduksi kuku dan bukannya rambut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.