Kompas.com - 11/07/2017, 17:17 WIB
ilustrasi gaji Thinkstockphotos.comilustrasi gaji
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tidak semua perusahaan terbuka soal gaji karyawannya. Sudah lazim juga bahwa antar karyawan tidak saling mengetahui berapa gaji rekannya. Tapi bagaimana jika ternyata gaji rekan Anda ternyata lebih besar dari gaji anda, meski pekerjaan dan jabatannya sama? Apa yang harus Anda lakukan?

Menurut para konsultan karir, bila Anda dibayar lebih rendah daripada rekan lain yang setingkat, maka Anda bisa mempertanyakan hal itu.

“Mengetahui bahwa orang lain yang melakukan pekerjaan sama dalam jabatan setara memperoleh gaji lebih besar bisa membuat seorang karyawan patah semangat,” kata Vicki Salemi, konsultan karir di Monster.com. “Oleh karenanya orang bisa memperjuangkan apa yang layak dia peroleh.”

Meski demikian, kadang-kadang masalahnya tidak sesederhana itu. Kesalahan seorang pegawai seringkali terjadi sejak awal dia diterima bekerja, karena ia tidak menghargai dirinya sendiri dengan layak.

Situs pekerjaan online CareerBuilder mencatat bahwa 49 persen calon pegawai bahkan menerima begitu saja gaji yang ditawarkan tanpa berusaha bernegosiasi.

Baca: Alasan Anda dan Rekan Perlu Bicara soal Gaji

Lalu bila semua sudah terlanjur terjadi, apa yang mesti dilakukan untuk memperbaikinya? Berikut saran dari beberapa konsultan karir bila gaji Anda ternyata lebih kecil dari rekan dengan posisi sama:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jangan musuhi rekan kerja Anda

Wajar bila Anda kecewa atau marah, namun jangan musuhi rekan kerja yang digaji lebih tinggi. Itu bukan salah mereka, dan tindakan yang ceroboh justru bisa berdampak buruk bagi karir Anda. Menjadi emosional juga akan membuat kita tidak nyaman bekerja dalam satu tim bersama mereka.

“Lebih baik Anda mulai mencari sebabnya, sembari membandingkan kualitas Anda dengan orang lain, tanpa perlu mengungkap keburukan atau kekurangan mereka secara terbuka. Data-data dan argumen yang terkumpul nantinya bisa dipakai untuk meminta kenaikan gaji,” kata Salemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.