Kompas.com - 19/07/2017, 19:18 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Riset dari Florida State University mengungkapkan, wanita yang memiliki suami elok rupa atau ganteng berpotensi tinggi menderita gangguan makan, seperti aneroksia atau bulimia.

Hasil riset menyebutkan bahwa wanita yang memiliki suami ganten cenderung berani menjalani diet ekstrem untuk penurunan berat badan drastis. Alasannya untuk memotivasi diri sendiri bahwa penampilan mereka lebih menarik ketimbang suami.

Sebaliknya, suami yang memiliki istri dengan penampilan cantik dan seksi justru tidak menunjukkan kebiasaan dan sindrom serupa.

Peneliti mengatakan, riset yang mereka jalankan bisa menjadi sumber kunci untuk menemukan masalah pada wanita yang mengalami gangguan pola makan. Selain itu, juga berguna untuk menguatkan hubungan suami istri.

“Jika kita telah memahami apa pemicu hubungan buruk antara seorang wanita dengan makanan yang berujung pada diet ekstrem, kebiasaan makana yang tidak sehat, dan relasi sosial yang buruk, maka kita bisa mencari jalan keluar dan menemukan bentuk bantuan untuk mereka,” jelas Tania Reynolds, ketua penelitian.

Reynolds mengatakan, kebiasaan makan wanita bisa mengalami gangguan ketika mereka memiliki suami yang secara penampilan jauh lebih menarik dari mereka.

“Kebanyakan wanita pada situasi dan kasus ini berasumsi bahwa suami mereka ingin tubuh mereka lebih kurus sehingga berujung pada gangguan pola makan,” imbuhnya.

Riset yang dipublikasikan oleh jurnal Body Image ini menawarkan jalan keluar alternatif untuk para pakar dalam menangani gangguan pola makan yang semakin marak terjadi pada wanita.

Reynolds juga menambahkan bahwa risetnya tersebut merupakan pengembangan dari hasil studi yang dilakukan oleh Dr Andrea Meltzer, seorang asisten profesior di FSU.

Hasil studi Dr Meltzer menyimpulkan bahwa pernikahan langgeng ketika penampilan istri dinilai lebih menarik dari suami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.