Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Pernikahan ala "Royal Wedding" dari Berbagai Negara

Kompas.com - 24/07/2017, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pernikahan keluarga kerajaan alias Royal Wedding bukan hanya persatuan antara dua orang dan keluarga mereka. Seringkali momen membahagiakan ini menjadi perhelatan akbar yang menarik perhatian media internasional.

Bukan hanya upacaranya yang megah dan sakral yang menarik perhatian dari pernikahan fairy tale ini adalah busana sang mempelai yang mewah, dekorasi, hingga tamu-tamu yang berasal dari kelas sosial atas.

Gaun pengantin tradisional putih berbahan lace atau brokat dan juga veil yang anggun menjadi pilihan para putri-putri bangsawan Eropa ketika menikah.  Namun, bangsawan di belahan dunia lain, seperti Indonesia, biasanya memilih warna yang lebih cerah, berhias sulaman, dan batu-batuan.

Berikut adalah beberapa foto busana pernikahan keluarga kerajaan dari berbagai negara.

1. Putri Claire dari Luxemburg memilih gaun putih panjang rancangan desainer Elie Saab.

Putri Sofia dari SwediaIndependent Putri Sofia dari Swedia
2. Putri Sofia dari Swedia memilih gaun berenda rancangan desainer Swedia Ida Sjostedt.

Royal Wedding Brunei, pernikahan Pangeran Abdul Malik (31) dengan Dayangku Raabi Atul Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22)REUTERS Royal Wedding Brunei, pernikahan Pangeran Abdul Malik (31) dengan Dayangku Raabi Atul Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22)
3.  Pangeran Abdul Malik, putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, melangsungkan pernikahan dengan Dayangku Raabi Atul 'Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah memakai pakaian pengantin bernuansa emas.

Duchess of Cambridge Kate Middleton.Independent Duchess of Cambridge Kate Middleton.
4. Dua juta orang di seluruh dunia dengan antusias menyaksikan siaran langsung pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William. Kate memilih gaun rancangan Alexander McQueen.

5. "Ratu Naga" dari Bhutan Jetsun Pema adalah rakyat biasa sebelum menikahi King Jigme Khesar Namgyel Wangchuck. Upacara pernikahan mereka dilakukan dengan cara tradisional Budha.

Putri Maroko Lalla Salma saat menikah di tahun 2002.Independent Putri Maroko Lalla Salma saat menikah di tahun 2002.
6. Putri Maroko Lalla Salma yang menjadi insinyur saat masih lajang memilih gaun kaftan putih saat menikah dengan King Mohamed VI di tahun 2002. Ia mendobrak tradisi yang mengharuskan istri raja tidak terlihat di publik saat menikah.

GKR Hayu dan KPH Notonegoro Getty Images GKR Hayu dan KPH Notonegoro
7. Pernikahan GKR Hayu dan KPH Notonegoro dari keraton Yogyakarta dilakukan dalam rangkaian upacara yang berlangsung selama tiga hari.

8. Pernikahan keluarga kerajaan Jepang menggunakan kimono yang terbuat dari sutera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com