Kompas.com - 24/07/2017, 11:00 WIB
Putri Claire dari Luxemburg saat menikah di tahun 2013 Getty ImagesPutri Claire dari Luxemburg saat menikah di tahun 2013
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pernikahan keluarga kerajaan alias Royal Wedding bukan hanya persatuan antara dua orang dan keluarga mereka. Seringkali momen membahagiakan ini menjadi perhelatan akbar yang menarik perhatian media internasional.

Bukan hanya upacaranya yang megah dan sakral yang menarik perhatian dari pernikahan fairy tale ini adalah busana sang mempelai yang mewah, dekorasi, hingga tamu-tamu yang berasal dari kelas sosial atas.

Gaun pengantin tradisional putih berbahan lace atau brokat dan juga veil yang anggun menjadi pilihan para putri-putri bangsawan Eropa ketika menikah.  Namun, bangsawan di belahan dunia lain, seperti Indonesia, biasanya memilih warna yang lebih cerah, berhias sulaman, dan batu-batuan.

Berikut adalah beberapa foto busana pernikahan keluarga kerajaan dari berbagai negara.

1. Putri Claire dari Luxemburg memilih gaun putih panjang rancangan desainer Elie Saab.

Putri Sofia dari SwediaIndependent Putri Sofia dari Swedia
2. Putri Sofia dari Swedia memilih gaun berenda rancangan desainer Swedia Ida Sjostedt.

Royal Wedding Brunei, pernikahan Pangeran Abdul Malik (31) dengan Dayangku Raabi Atul Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22)REUTERS Royal Wedding Brunei, pernikahan Pangeran Abdul Malik (31) dengan Dayangku Raabi Atul Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22)
3.  Pangeran Abdul Malik, putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, melangsungkan pernikahan dengan Dayangku Raabi Atul 'Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah memakai pakaian pengantin bernuansa emas.

Duchess of Cambridge Kate Middleton.Independent Duchess of Cambridge Kate Middleton.
4. Dua juta orang di seluruh dunia dengan antusias menyaksikan siaran langsung pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William. Kate memilih gaun rancangan Alexander McQueen.

5. "Ratu Naga" dari Bhutan Jetsun Pema adalah rakyat biasa sebelum menikahi King Jigme Khesar Namgyel Wangchuck. Upacara pernikahan mereka dilakukan dengan cara tradisional Budha.

Putri Maroko Lalla Salma saat menikah di tahun 2002.Independent Putri Maroko Lalla Salma saat menikah di tahun 2002.
6. Putri Maroko Lalla Salma yang menjadi insinyur saat masih lajang memilih gaun kaftan putih saat menikah dengan King Mohamed VI di tahun 2002. Ia mendobrak tradisi yang mengharuskan istri raja tidak terlihat di publik saat menikah.

GKR Hayu dan KPH Notonegoro Getty Images GKR Hayu dan KPH Notonegoro
7. Pernikahan GKR Hayu dan KPH Notonegoro dari keraton Yogyakarta dilakukan dalam rangkaian upacara yang berlangsung selama tiga hari.

8. Pernikahan keluarga kerajaan Jepang menggunakan kimono yang terbuat dari sutera.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X