Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 24/07/2017, 18:11 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengonsumsi air mineral atau putih bukan hanya baik untuk metabolisme dan konsentrasi, tapi juga berat badan. Bila Anda sering dengar diet air putih, sebenarnya ini adalah sebuah aktivitas rutin yang bisa berdampak baik untuk mengurangi konsumsi air perasa.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr Budi Wiweko SpOG mengatakan, untuk menurunkan berat badan yang utama adalah menurunkan konsumsi gula. "Nah, banyak minum air putih itu menurunkan gula yang dikonsumsi," kata dokter yang biasa disapa Iko saat konferensi pers sosialisasi program 'Aku Mau Air, Aku Sehat' dari AQUA di Kidzania,  Jakarta Selatan, Senin (24/7/2017).

Rasa lapar tidak melulu disebabkan karena kita perlu makan namun juga karena sedang stres atau ingin mengonsumsi sesuatu yang manis. Kondisi ini bisa disiasati dengan memilih minum air putih. Saat kita ingin minuman yang manis dan berkalori tinggi, gantilah dengan air putih.

"Itu makanya kalau kita minum air putih banyak bisa menurunkan berat badan, karena yang diturunkan konsumsi gula," tambah Iko.

Adapun soal jumlah yang dikonsumsi, Iko mengatakan untuk mengikuti standar yang sudah dianjurkan, yakni minimal delapa gelas per hari bagi orang dewasa. Namun, jumlah itu bisa ditambah jika aktivitas fisik kita tinggi. "Apalagi kalau kita beraktivitas cukup berat, olahraga," kata dia.

Para peneliti dari University of Brimingham tahun 2015 juga mengatakan bahwa salah satau cara menurunkan berat badan adalah dengan minum setengah liter air setengah jam sebelum makan. Hal ini merujuk pada hasil penelitian mereka yang menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi 500 ml air setengah jam sebelum makan dilaporkan rata-rata kehilangan 4,3 kg selama 12 minggu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X