Kompas.com - 01/08/2017, 16:51 WIB
Salah satu mural di ajang Tropica Festival 2017. Dok Nippon PaintSalah satu mural di ajang Tropica Festival 2017.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebanyak 45 seniman dari Indonesia dan mancanegara berpartisipasi dalam ajang street art Tropica Festival 2017 yang berlangsung pada 26-30 Juli 2017 di Canggu, Bali.

Tropica Festival merupakan festival seni budaya urban untuk memberi kesempatan pada seniman lokal dan internasional untuk melukis mural bersama, sekaligus meningkatkan kesadaran akan isu lingkungan di Bali.

Selain itu, festival ini juga menjadi sarana bagi seniman lokal untuk bertemu dan terkoneksi dengan seniman terkenal dunia sekaligus  mendapatkan masukan mengenai dunia seni urban global.

Salah satu seni mural di ajang Tropica Festival 2017.Dok Nippon Paint Salah satu seni mural di ajang Tropica Festival 2017.
Seni lukis di ruang terbuka ini berhasil membuat beberapa bangunan tampak cantik dan semarak. Sebanyak 25 mural karya seniman mural yang berasal dari Bali, Jakarta, Surabaya, Filipina, Australia, Amerika Serikat akan bisa dinikmati sepanjang tahun.

Dalam festival tersebut, Nippon Paint Indonesia memberikan dukungan berupa uang tunai, 520 liter cat Nippon Weatherbond dan 2.664 kaleng Pylox.

"Ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami ikut secara aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai berbagai isu lingkungan dan sosial, khususnya melalui seni graffiti/mural. Melalui dua produk unggulan kami, kami ingin membantu masyarakat sekitar Canggu, Bali untuk ikut menikmati keindahan seni mural yang selaras dengan lingkungan sekitarnya,” kata Thomas Ng, perwakilan Nippon Paint Indonesia.

Anak-anak belajar melukis mural.Dok Nippon Paint Anak-anak belajar melukis mural.
Selain menampilkan akvitivas melukis mural bersama, maka sederet kegiatan seni lain seperti kompetisi seni, demo skateboard, kids workshop, pentas seni hip hop dan tarian juga turut memeriahkan festival ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.