Kompas.com - 16/08/2017, 20:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebagai bahasa internasional, menguasai bahasa Inggris menjadi syarat wajib jika kita ingin sukses menaklukan dunia kerja. Namun, tak sedikit calon pekerja yang gagal mendapatkan pekerjaan impian karena masalah bahasa.

"Banyak orang yang ahli di bidangnya atau kompeten, namun tidak bisa berbahasa Inggris. Akhirnya tidak bisa bersaing, karena pemilik perusahaan tidak akan percaya karena dianggap tidak bisa berkomunikasi," kata Donna Limuel GM Operational Wall Street English, lembaga kursus bahasa Inggris, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kemampuan berbahasa Inggris pertama kali akan dites ketika kita melakukan wawancara kerja. Jika kemampuan kita di bawah standar dan "belepotan", bisa-bisa kita akan tersingkir oleh kandidat lain.

Agar bahasa Inggris tidak mengalami ganjalan untuk meraih pekerjaan, Donna mengingkatkan pentingnya melakukan persiapan dan latihan secara rutin.

"Ketahui diri Anda dan siapkan diri apa yang mau dikatakan dan dilakukan saat interview. Penting untuk terus berlatih berbicara, misalnya mengikuti kelas speaking," terangnya.

Berdasarkan catatan Wall Street English, hingga saat ini rata-rata siswa atau mahasiswa yang memahami bahasa Inggris dengan lancar adalah mereka yang pernah kursus atau berasal dari sekolah favorit dan sekolah internasional.

Sementara, siswa yang tidak pernah kursus bahkan takut untuk mencoba bicara, akan kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mempercepat penguasaan bahasa Inggris, saat ini Wall Street English menggunakan metode blended learning method dan flipped classroom.

"Metode tersebut memadukan interaksi face-to-face oleh para expert dengan suasana yang mendukung. Tujuannya agar orang bisa belajar bahasa Inggris lebih efektif dan dapat meningkatkan rasa percaya diri," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.