Kompas.com - 21/09/2017, 18:05 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Melihat seorang teman mengkhianati kekasihnya, sebagai sesama pria mungkin Anda akan terjebak dalam dilema: menjaga pertemanan ‘sakral’ antar pria dan membiarkan hal itu menjadi keputusan pribadi, atau ‘menasehati’ agar ia menyudahi perselingkuhan, atau bahkan “mengadukan” hal itu pada kekasihnya--yang merupakan teman Anda juga?

Bingung harus berbuat apa, berikut saran dari beberapa pakar hubungan yang bisa Anda pertimbangkan sesuai pilihan:

Michael Aaron, Ph.D., psikoterapis dan konselor seks:

“Kenyataannya, teman Anda melakukan hal yang sangat menyakitkan. Jika kita menyembunyikan hal tersebut, tanpa melakukan apapun, sama saja dengan membantu teman untuk menyakiti kekasihnya. Jadi jelas, menjadi orang yang hanya diam dan membiarkan teman terus berselingkuh rasanya salah. Baiknya dengarkan kata hati, bila Anda merasa perilaku teman yang berselingkuh itu salah, Anda bisa mulai “menegur” dengan gaya khas pertemanan pria. Bila teman Anda tampak “ngeyel” dan melakukan hal-hal di luar nilai moral yang Anda miliki, Anda bisa mulai menghindari keterlibatan apapun dengannya, atau mungkin memberi tahu kekasihnya!”

Moushumi Ghose, psikoterapis dan terapis seks:

“Biarkan teman Anda tahu bahwa kondisi ini membuat Anda canggung karena kecurangannya. Katakan padanya untuk segera menyudahi perselingkuhan tersebut dan mendorongnya untuk kembali membicarakan kelanjutan hubungan dengan kekasihnya. Dan bila ia tetap pada perselingkuhan, katakan dengan jelas bahwa Anda memang tak akan memberitahukan perselingkuhan itu pada kekasihnya, namun Anda tak akan bertanggung jawab jika ternyata ada orang lain yang melakukannya.”

Tammy Nelson, Ph.D., psikoterapis dan terapis seks:

“Katakan pada teman yang berselingkuh bahwa Anda tidak akan menyebarkan info apapun, termasuk menyembunyikan apapun. Jadi, bila suatu saat kekasihnya bertanya tentang perselingkuhan itu kepada Anda, maka Anda akan menjawab apa adanya. Dengan kata lain, Anda tak akan mencampuri urusan percintaan siapapun, namun Anda juga tak akan berbohong tentang perselingkuhan yang telah Anda lihat. Sehingga, Anda tak akan mengorbankan integritas dengan berbohong kepada siapapun.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.