Kompas.com - 28/09/2017, 05:32 WIB
Ilustrasi lemak tubuh GearstdIlustrasi lemak tubuh
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tumpukan lemak tubuh yang terlalu banyak akan membuat badan Anda terlihat besar dan lebar. Tapi tanpa lemak, tubuh Anda tidak akan bisa melakukan berbagai fungsinya. Jadi, lemak tubuh itu sebenarnya penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Namun tentu saja ada batasnya. Lalu, berapa batas lemak tubuh yang normal? Bagaimana cara mengukurnya?

Tubuh perlu lemak untuk mengatur produksi hormon serta membantu tubuh dalam menyerap beberapa jenis vitamin. Tapi meski penting, bukan berarti Anda harus berlomba-lomba memperbanyak lemak tubuh.

Kadar lemak tubuh yang masih bisa dibilang normal dah sehat ada batasnya. Anda harus mempertahankan kadar lemak tetap normal agar tidak mengalami gangguan fungsi tubuh. Berikut adalah rentang lemak tubuh yang normal yang umum menurut American College Sports Medicine:

  •     Wanita: 20-32
  •     Laki-laki: 10-22%

Baca juga: 5 Cara Mengikis Lemak Secara Permanen

Tetapi hal tersebut sebenarnya tergantung dengan usia serta aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari.  Semakin sering ia melakukan aktivitas fisik, maka semakin sedikit kadar lemak di dalam tubuhnya. Maka dari itu, para atlet sudah pasti punya lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan olahraga seminggu sekali. Berikut adalah kadar lemak normal tergantung aktivitas fisik yang dilakukan:

  •     Atlet, mempunyai total lemak sekitar 14-20% pada atlet wanita dan 6-13% pada atlet laki-laki
  •     Orang yang sering berolahraga, namun bukan atlet biasanya memiliki kadar lemak sebesar 21-24% pada wanita dan 14-17% pada laki-laki
  •     Orang yang jarang olahraga tetapi lemak totalnya masih dianggap normal dan sehat jika memiliki lemak berkisar 25-31% pada wanita dan 18-25% pada laki-laki

Kadar lemak dalam tubuh sangat erat dengan status gizi. Kalau kadarnya berlebihan – wanita lebih dari 32% dan laki-laki lebih dari 25% –  maka menandakan kalau ia memiliki berat badan berlebihan (obesitas) dan berisiko untuk mengalami berbagai penyakit kronis.

Bagaimana cara mengetahui persen lemak tubuh?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ingin tahu berapa tepatnya persen lemak tubuh, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa tes khusus. Biasanya, lemak tubuh akan diukur dengan alat penjepit khusus yang disebut dengan kaliper. Atau juga bisa juga menggunakan alat timbangan khusus yang dapat mendeteksi kadar lemak dalam tubuh. Pemeriksaan semacam ini dapat Anda lakukan ketika melakukan pemeriksaan lengkap di rumah sakit.

Tapi, jika Anda tidak memiliki alat tersebut, maka untuk memudahkan, Anda dapat menghitungnya dengan rumus khusus. Namun, sebelumnya Anda harus tahu dulu berapa indeks massa tubuh (IMT) Anda saat ini. Bila sudah, Anda dapat menggunakan rumus seperti berikut:

  •     Laki-laki: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 10,8 – 5,4
  •     Wanita: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 5,4

Misalnya, jika Anda seorang wanita yang berusia 20 tahun dan memiliki tinggi badan sekitar 160 cm serta berat badan mencapai 55 Kg, maka IMT Anda adalah 21,4 m/kg2. Sehingga jika dimasukan ke dalam rumus, didapatkan kadar lemak tubuh Anda yaitu 24,88%.

Memang ini hanyalah rumus prediksi, jadi tentu tidak akurat 100 persen. Namun dengan begini, Anda dapat mengetahui kisaran kadar lemak yang menyebabkan semua lipatan di tubuh Anda. Jika Anda ingin tahu kadar lemak tubuh dengan akurat, maka sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.