Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Tubuh dan Membantu Orang lain Melihat Kembali

Kompas.com - 30/10/2017, 17:50 WIB
Wisnubrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang merawat tubuh untuk menjaga kesehatan dan agar enak dilihat. Para pria tentu setuju bahwa memandang wanita yang terawat itu menyegarkan mata. Namun sayang, tak semua orang bisa melihat keindahan dunia.

Hari ini, ada sekitar 285 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan atau buta. Masalah ini terutama menimpa penduduk di negara-negara yang miskin, di mana menurut World Health Organization, 90 persen kasus kebutaan terjadi. Padahal hampir 80 persen penyebab kebutaan sebenarnya bisa dihindari.

Karenanya yayasan L'Occitane berniat untuk terlibat memerangi kebutaan dengan mendanai proyek yang bergerak untuk mencegah hilangnya penglihatan. Proyek akan bergerak di bidang penelitian soal mata dan pelatihan untuk tenaga-tenaga di seluruh dunia yang bertugas mencegah kebutaan. Sejak yayasan ini berdiri, sudah lebih dari 2 juta orang mendapat perawatan mata di negara berkembang.

Mulai tahun 2015, L'Occitane --yang merupakan merek produk perawatan tubuh dan kosmetik asal Perancis-- bersama WHO mencanangkan program "UNION FOR VISION 10by20". Berbagai kegiatan dan usaha dilakukan untuk menyediakan perawatan mata bagi 10 juta orang hingga tahun 2020.

Bagaimana mendanainya? L'Occitane bakal mendonasikan sebagian hasil penjualan produknya untuk mendukung proyek kesehatan mata ini. Masyarakat yang ingin berpartisipasi juga bisa bergabung dengan mudah. Cukup dengan mengunggah foto ke media sosial dengan hashtag #LOccitaneID, #UnionForVision, dan #CareForSight.

Untuk setiap unggahan L'Occitane akan menyumbangkan 5 Euro dalam proyek ini. Hasil pengumpulan dana akan masuk ke Yayasan Helen Keller International Indonesia dan digunakan untuk membantu kesehatan mata anak-anak.

Saat ini, uang yang terkumpul sudah digunakan untuk membangun fasilitas kesehatan mata sekaligus menyediakan tenaga ahli di 6 kota di Sulawesi Selatan.

Satyaprabha Kotha, perwakilan dari Yayasan Helen Keller International dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/10/2017), mengatakan, "Saat ini kami fokus ke anak-anak di sekolah-sekolah Sulawesi Selatan. Lewat fasilitas ini diharapkan mereka memiliki mata yang baik karena kebanyakan anak belajar dan melihat dunia melalui penglihatan."

Nah, dengan berpartisipasi dalam proyek ini, Anda juga bisa membantu anak-anak melihat kembali, sembari memanfaatkan produk perawatan tubuh berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com