Kompas.com - 06/11/2017, 13:58 WIB
Ilustrasi selingkuh AntonioGuillemIlustrasi selingkuh
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com- Jika Anda memiliki kebiasan berlama-lama membalas pesan di ponsel, bisa jadi Anda dikira sedang selingkuh. Begitu menurut sejumlah ilmuwan dan psikolog yang melakukan penelitian percakapan melalui media sosial, atau sering di sebut komunikasi digital.

Menurut penelitian tersebut, orang yang berselingkuh cenderung tidak langsung membalas pesan pasangannya. Ada waktu jeda, dan dalam kalimatnya seringkali ada yang 'aneh' atau di luar kebiasaan. Hal tersebut menurut sejumlah peneliti di Universitas Brigham Young, adalah tanda-tanda kebohongan.

Apa alasannya? Ilmuwan menggambarkan bahwa di saat jeda tersebut, lawan bicara kita perlu waktu untuk memikirkan pesan yang hendak mereka kirim agar tidak dicurigai.

"Percakapan digital adalah lahan yang subur untuk kebohongan karena lawan bicara tidak bisa melihat ekspresi dan nada bicaranya. Dan sayangnya, manusia sangat mudah dibohongi," kata Tom Meservy, professor Teknik Informatika Universitas Brigham Young, Amerika.

"Kami di sini mencoba untuk menemukan metode tepat agar dapat mendeteksi sebuah kebohongan dalam teks,"kata Tom, seperti dilansir dari laman www.Sciencedaily.com.

Untuk membuktikannya, Messervy dan rekannya Jeffery Jenkins, melakukan uji coba terhadap 100 mahasiswa dari dua kampus di Amerika.  Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana "kebohongan online" terjadi dalam percakapan secara digital dan apa cirinya.

Peneliti membuat sebuah program di komputer seperti dalam mesin penjawab layanan jasa online yang digunakan kepada peserta penelitian dari dua kampus tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(baca juga: Selingkuh Memang Bikin Ketagihan)

Peneliti meminta kepada para mahasiswa untuk berbohong saat menjawab separuh dari 30 pertanyaan yang diberikan. Ternyata untuk membuat jawaban bohong tersebut mereka membutuhkan waktu 10 persen lebih lama dibanding bila memberi jawaban yang jujur. Mereka butuh waktu mereka-reka jawaban.

"Dari eksperimen tersebut, kita menemukan tanda-tanda kebohongan yang sulit dideteksi manusia namun bisa di deteksi secara sistem saat itu juga," kata Meservy.  Namun, bukan berarti setiap kali pasangan lama membalas SMS, berarti dia sedang berbohong.

Sementara itu, menurut psikolog dari Universitas Virginia, Bella DePaulo, Ph.D yang dilansir dari laman www.psychologytoday.com, semua orang pernah berbohong pada pasangannya. "Dari penelitian di tahun 2006, hampir semua peserta uji coba berbohong satu hingga dua kali sehari," katannya.

Dan dalam hubungan suami isteri, DePaulo menemukan hal menarik bahwa setiap harinya orang yang berselingkuh mengaku berbohong soal hal-hal kecil sebesar 10 persen, untuk menyembunyikan perselingkuhan mereka.

"Mereka rela berbohong hal yang sepele setiap harinya, agar menutupi pengkhianatan besar yag dilakukannya terhadap pasangan hidup mereka," kata DePaulo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X