Mengapa Diet DASH Selalu Terpilih sebagai Diet Terbaik?

Kompas.com - 12/01/2018, 12:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Metode diet yang baru selalu muncul setiap tahun, namun diet DASH selama beberapa tahun terakhir dinobatkan para ahli kesehatan sebagai diet terbaik. Seperti apa diet ini?

Diet DASH, kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, diciptakan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute. Diet ini didesain untuk meningkatkan kesehatan orang yang menderita tekanan darah tinggi.

"Diet DASH dianggap terbaik karena terbukti efektif. Penelitian menunjukkan orang yang menjalankan diet DASH tekanan darahnya turun, kadar kolesterol jahatnya juga turun," kata Reshmi Srinath, asisten profesor di Ichan School of Medicine di Mount Sinai.

Meski diet ini sebenarnya tidak didesain untuk menurunkan berat badan namun ternyata diet ini juga efektif menurunkan berat badan. Studi juga menunjukkan, orang dewasa yang mengikuti diet DASH mengalami penurunan bobot tubuh dalam periode 8-24 minggu dibanding yang menjalani diet rendah kalori.

"Bukan rahasia bahwa faktor nutrisi yang mempengaruhi tekanan darah juga berpengaruh pada berat badan," kata Srinath.

Ia mencontohkan makanan yang diproses, lemak trans, dan kelebihan gula, bukan saja bisa membuat kita kegemukan tapi juga membuat hipertensi.

Diet DASH merupakan perencanaan makan yang fleksibel dan mengutamakan makanan alami dan utuh, misalnya sayuran, buah, serta serelia utuh.

Selain itu seperti pedoman makan sehat lainnya, diet ini juga menganjurkan kita memperbanyak konsumsi ikan, memilih daging unggas, kacang-kacangan, serta lemak sehat seperti minyak zaitun.

"Berbeda dengan diet popular lainnya, dalam diet ini tidak terlalu fokus pada mengurangi pati," kata Srinath.

Berbagai penelitian menyebutkan, yang terpenting dalam diet adalah keberlanjutan, jadi bukan diet yang hanya cocok diterapkan dalam jangka pendek saja.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X