Kompas.com - 31/01/2018, 09:23 WIB
. VIA THINKSTOCK.
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com -  Menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang berbeda budaya dan bahasa tentu memiliki "seni" tersendiri.

Hubungan semacam ini, konon membutuhkan orang yang mudah beradaptasi, agar jalinan cinta yang terjalin bisa berjalan mulus. 

Bayangkan saja, mungkin kebiasaan kencan dari seseorang dengan latar belakang budaya yang berbeda, akan terasa berbeda pula.

Di sisi lain, menjalin hubungan dengan orang asing, bisa pula dijadikan prospek yang menarik saat kita berada di luar negeri, atau ingin menetap di luar negeri.

Namun, apa yang terjadi selanjutnya sesungguhnya bisa mendatangkan sensasi yang mendebarkan, dengan gegar budaya yang mengejutkan. 

Pengalaman berikut ini diungkapkan oleh Hilary Keyes di laman SavvyTokyo.com.

Keyes adalah perempuan asal Niagara Falls, Kanada, yang sudah menetap di Tokyo, Jepang, sejak 10 tahun terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai seorang wanita lajang, dia mengamati dan menjalani hampir setiap inkarnasi kencan modern, melihat baik dan buruknya. Dia pun melihat bagaimana orang-orang di sekitarnya menjalani hubungan.

Lantas, bagaimana pasangan dalam hubungan multibahasa bisa langgeng di Jepang?

Keyes mengaku memiliki pengalaman tersendiri tentang hal itu. Dia pun sempat melengkapi "riset"-nya tersebut dengan bertanya kepada lima pasangan "beda bahasa" yang sukses menjalin hubungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.