Meja Kerja Rapi Bikin Lebih Produktif

Kompas.com - 06/02/2018, 14:44 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Apakah meja kerja kamu berantakan? Kalau iya, mungkin itu yang menyebabkan kerja kamu kurang produktif selama ini.

Menurut riset yang dilakukan Brother, 4 dari 10 pekerja mengatakan memiliki ruangan rapi dan terorganisir membantu mereka lebih produktif. Kemudian, sekitar satu dari tiga orang mengatakan produktivitas dapat meningkatkan karir mereka.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menemukan, mereka yang menghabiskan waktu di kantor yang rapi cenderung memiliki pilihan makan yang lebih sehat. Tentu saja secara keseluruhan tubuh mereka lebih sehat.

Kendati demikian, merapikan tumpukan kertas di meja bukan perkara mudah. Apalagi membuatnya bisa bertahan tetap rapi terus-menerus. Nah, untuk membantu kamu, ikuti saran dari pakar organisasi ruangan berikut ini:

1. Kosongkan meja

Pakar organisasi Jacquie Denny menyarankan agar benar-benar mengosongkan seisi meja atau ruang kerja terlebih dulu. Kemudian mulai taruh barang-barang yang penting seperti komputer hingga tempat berkas-berkas sesuai urutan terpenting 

Di sisi kiri, kamu dapat meletakkan berkas-berkas yang perlu dikerjakan, dan menaruhnya ke sisi kanan setelah selesai.

2. Buang sampah

Jika sudah dibereskan, jangan lupa untuk membuang sampah-sampah dari sisa berkas. Pakar organisasi Felice Cohen mengatakan, sulit mengukur berapa lama seseorang harus menyimpan dokumen pekerjaan, karena setiap orang memiliki pekerjaan berbeda.  Karena itu, bila berkas-berkas tersebut sudah pindah ke data digital, maka berkas fisik bisa segera dibuang.

3. Ketahui apa yang sebenarnya dibutuhkan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber nypost.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X