Tipe Introvert atau Ekstrovert Dilihat dari Kebiasaan di Media Sosial

Kompas.com - 18/02/2018, 12:14 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Ada beberapa tipe kepribadian seseorang, namun secara umum dibagi ke dalam tipe ekstrovert dan introvert. Salah satu cara untuk mengetahui apakah kita termasuk salah satunya, bisa dilihat dari kebiasaan di media sosial.

Ekstrovert, dalam buku Psychological Types karya psikolog Carl Jung, didefinisikan sebagai orang-orang yang senang berada di antara banyak orang. Mereka yang ekstrovert pada umumnya memiliki keinginan yang kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan memimpin.

Sementara introvert didefinisikan sebagai orang-orang yang lebih suka menyendiri dalam beberapa kegiatan kreatif, seperti membaca atau menggambar.

Mereka bukannya anti-sosial, hanya saja si introvert ini merasa lebih cocok bergaul pada lingkup sosial yang lebih kecil. Mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dan kuat dengan segelintir orang saja.

Ada pula ambivert, yakni mereka yang memiliki karakter ekstrovert dan introvert.

Kesukaan kita terhadap media sosial tertentu dan cara berinteraksi di dalamnya ternyata bisa menunjukkan tipe kepribadian kita. Susan M. Henney, profesor bidang psikologi dari University of Houston-Downtown mencoba merangkai sebuah kuis untuk mengetahui karakter seseorang.

1. Media sosial atau situs?

Dalam mencari informasi, apakah kita cenderung lebih suka mencari di media sosial seperti Twitter atau langsung ke situs yang kita inginkan.

"Mereka yang introvert cenderung membaca apa yang mereka mau baca dan tidak peduli apakah orang lain setuju atau tidak dengan mereka. Sedangkan ekstrovert senang jika semua orang mengetahui apa yang mereka baca dan pandangan mereka tentang isu-isu terkini, bahkan membuka diskusi," ujar Henney.

Jika kamu lebih senang mencari informasi di media sosial, satu poin untuk ekstrovert.

2. Frekuensi mengecek media sosial

Seberapa sering kamu mengecek media sosial dalam sehari? Mereka yang ekstrovert cenderung menganggap media sosial adalah hal besar. Mereka kadang memiliki banyak akun berbeda dan sangat aktif.

Henney mengatakan, orang-orang ekstrovert bisa saja stres atau kesal jika orang lain tidak menyukai atau berkomentar pada hal yang mereka unggah. Ini menjadi salah satu penanda mereka dihargai dan diakui.

Halaman:



Close Ads X