Kompas.com - 13/03/2018, 11:36 WIB
Ilustrasi telur KariHoglundIlustrasi telur

KOMPAS.com - Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Walau harganya relatif murah, namun kandungan nutrisi di dalamnya sangat penting, misalnya saja vitamin A,D,B12, dan kolin.

Kolin adalah nutrisi esensial yang penting untuk kemampuan memori, mood, dan juga kontrol otot. Selama kehamilan, asupan kolin sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

Dua buah telur berukuran besar mengandung lebih dari 50 persen asupan kolin yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi penting lain adalah vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA. Vitamin ini hanya ditemukan dalam produk hewani, karena itu jika Anda vegetarian, makan telur bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Ada banyak manfaat kesehatan dari konsumsi telur, antara lain membuat perut kenyang lebih lama, menjaga kesehatan mata berkat kandungan lutein dan zeaxanthin, dan juga menyehatkan tulang.

Tak perlu mencemaskan kadar kolesterol dalam telur. Penelitian terbaru menyimpulkan, mengonsumsi makanan sumber kolesterol tidak otomatis akan menjadi kolesterol. Dengan kata lain, makan dalam jumlah sedang dianjurkan.

Penelitian juga menunjukkan, konsumsi lemak trans dan lemak jenuh justru akan meningkatkan kadar kolesterol.

Jadi, tak perlu menyingkirkan kuning telur karena bagian ini mengandung nutrisi penting, termasuk 40 persen protein.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X