8 Makanan Sehat yang Mengandung Probiotik Tinggi

Kompas.com - 21/03/2018, 07:24 WIB
Ilustrasi makanan fermentasimarekuliasz Ilustrasi makanan fermentasi

KOMPAS.com - Suplemen probiotik dikenal mampu memperbaiki kinerja usus dan meningkakan mood kita. Namun, apakah kita benar-benar membutuhkannya?

Dilansir dari laman menshealth, probiotik pada dasarnya adalah bakteri "baik" yang hidup di usus kita. Menurut Mark Hyman, direktur The Cleveland Clinic Center for Functional Medicine,  probiotik telah dipercaya memiliki efek besar pada kesehatan.

"Kesehatan usus yang optimal telah menjadi fokus utama dalam kesehatan abad 21. Memiliki terlalu banyak bakteri "jahat" di usus telah dikaitkan dengan berbagai masalah, termasuk alergi, gangguan autoimun dan bahkan mungkin kecemasan dan depresi," ucapnya.

Purna Kashyapombinasi, asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic, mengatakan bahwa kombinasi makanan probiotik dan makanan kaya serat dapat membantu menjaga kesehatan kita.

Selain itu, makanan probiotik adalah pilihan yang lebih baik daripada suplemen, yang mungkin hanya mengandung sedikit probiotik tanpa memiliki fungsi seperti yang disebutkan.

"Tidak ada satupun [suplemen] yang dikontrol, jadi siapapun bisa memasukkan apa saja ke dalamnya," ucapnya.

Nah, jika kalian mencari asupan probiotik, inilah 8 makanan yang mengandung probiotik tinggi.

1. Kimchi

Makanan fermentasi seperti kimchi - yang merupakan makanan pokok Korea -biasanya dibuat dari sayuran asin dan fermentasi seperti kol dan lobak dan dibumbui dengan bubuk cabai, jahe dan bawang putih.

"Makanan ini dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengatur keseimbangan mikroflora di usus, mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kata Becky Kerkenbush, anggota the Wisconsin Academy of Nutrition and Dietetics.

Leslie Bonci selaku pemilik laman active eating advice - sebuah laman yag berisi tentang pola makan sehat - mengatakan bahwa kimchi adalah sumber vitamin C dan serat.

"Fakta menariknya adalah sayuran juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X