Kompas.com - 22/03/2018, 10:15 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya g-stockstudioIlustrasi menggunakan tabir surya
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Urutan sangat lah penting dalam menggunakan produk perawatan wajah, termasuk produk yang kita kenakan sebelum keluar rumah.

Masih banyak yang sebetulnya belum memahami urutan produk perawatan kulit tersebut, salah satunya penggunaan tabir surya alias sunscreen dan moisturizer (pelembab) sebelum keluar rumah.

"Secara umum, produk yang berfungsi menangkal zat kimia terserap oleh kulit seharusnya berada di dasar," kata direktur kosmetik dan penelitian klinis di Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai New York, Joshua Zeichner keada Allure.

Dengan kata lain, SPF seharusnya lebih dulu digunakan sehingga tak terhalang pelembab. Bayangkan jika pelembab yang tebal justru membentengi SPF yang kamu gunakan.

Tapi, tidak semua dermatolog sepakat. Ada pula yang menilai SPF harus digunakan setelah pelembab pagi.

Dermatologis tersertifikasi Sejal Shah, mengatakan bahwa jika pelembab diaplikasikan setelah sunscreen maka bisa mengganggu khasiat dari sunscreen itu sendiri.

"Apapun yang diaplikasikan di atas sunscreen akan mengurangi kemanjurannya," kata Shah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

Sunscreen kimia vs mineral

Perdebatan berlanjut kepada jenis tabir surya apa yang digunakan. Jika sunscreen tersebut berbahan kimia maka akan melindungi dengan membuat "benteng" antara kulit dan matahari.

Sementara sunscreen mineral akan memantulkan sinar ultraviolet. "Ini bisa diaplikasikan pada lapis terakhir sebagai perlindungan terhadap matahari.

Halaman:


Sumber allure.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.