Tips Sehat Makan Seafood Supaya Kolesterol Tidak Makin Melonjak

Kompas.com - 25/03/2018, 10:29 WIB
Ilustrasi seafood elena_hramowaIlustrasi seafood
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Punya kolesterol tinggi artinya harus pintar-pintar memilih makanan. Salah satu makanan nikmat namun bisa kurang aman bagi pemilik kolesterol tinggi adalah seafood.

Padahal, makanan laut kaya akan asam lemak omega-3 dan zat gizi lainnya yang sebenarnya baik untuk kesehatan.

Jika kamu tidak mau ketinggalan segudang manfaat ikan dan kerang-kerangan, simak tips sehat makan seafood dari HelloSehat yang direview dr. Damar Upahita, tanpa harus takut kolesterol makin naik.

1. Perhatikan cara memasaknya

Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Cara memasak paling aman adalah dengan dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali.

Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa kita konsumsi. Contohnya, kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan, hingga ikan bakar.

Jika ingin memanggang ikan atau daging laut lainnya, pangganglah di atas panci kering atau rak yang memungkinkan lemak dari makanan menetes sehingga tidak mengendap.

Sebisa mungkin hindari minyak sayur, apalagi minyak yang sudah berulang kali digunakan (minyak jelantah). Gunakanlah minyak sehat yang rendah lemak seperti canola atau minyak zaitun.

2. Tambahkan banyak rempah-rempah

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X