Kisah Putri Disney "Mulan" dalam Karya Busana "Siung-Siung"

Kompas.com - 02/04/2018, 14:30 WIB
Salah satu koleksi busana Siung Siung yang dipamerkan pada Palembang Fashion Week 2018, Minggu (1/4/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraSalah satu koleksi busana Siung Siung yang dipamerkan pada Palembang Fashion Week 2018, Minggu (1/4/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com – Sosok Mulan menjadi salah satu putri yang paling berkarakter, hingga melekat kuat dalam ingatan para penggemar Disney, di segala usia.

Mulan sebagai perempuan kuat, berani namun tetap anggun pun menjadi inspirasi desainer asal Palembang Muhammad Rafan, atau yang dikenal dengan label ‘Siung-Siung’ dalam karya-karyanya.

Mengambil tema dengan nama sama, ‘Mulan’, Rafan menggambarkan urutan (sequence) cerita Mulan yang disampaikan melalui ragam busana.

Sebanyak 30 busana perempuan dan lima busana laki-laki dipamerkannya dalam acara Palembang Fashion Week 2018, Minggu (1/4/2018) malam.

Baca juga: Disney Pilih Aktris Liu Yifei Jadi Bintang Utama Film Live-action Mulan

Alur cerita juga digambarkan Siung-Siung lewat dominasi warna busana yang ditampilkan dalam setiap sequence.

“Warnanya pertama semuanya gelap, lalu perlahan jadi terang. Artinya dalam setiap perempuan pasti ada kelembutan,” kata Rafan saat ditemui Kompas Lifestyle seusai peragaan busana.

Busana pertama memiliki potongan jubah yang menonjolkan sisi maskulin. Diperkuat dengan pemberian aksen motif ‘army’ pada kerah dan celana pendek.

Busana tersebut ditampilkan Rafan sebagai awal cerita, di mana Mulan menyamar sebagai laki-laki untuk pergi berperang.

Dipadukan dengan kain bermotif ‘army’, Siung-Siung tetap menjadikan kain songket dan brongket khas Palembang sebagai bahan yang paling ditonjolkan dalam setiap busananya.

Uniknya, model androgini dipilih untuk memeragakan busana pembuka tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X