Kompas.com - 03/04/2018, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Yoga memang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Namun, bagaimana jika latihan ini diterapkan pada anjing?

Seorang dokter hewan di Rochester, sebuah kota di barat laut negara bagian New York, Amerika Serikat, memberikan pelatihan yang disebut dengan "doga".

"Doga" merupakan latihan yoga yang diterapkan khusus untuk anjing.

Dr Danni Shemanski dari Hilton Veterinary Hospital menyebut, doga dapat memperbaiki postur tubuh anjing.

Latihan ini juga menyediakan waktu untuk memberi kesempatan bagi para anjing untuk bersosialisasi. Namun, hal terpenting adalah memperkuat ikatan antara anjing dan pemiliknya.

"Ini adalah salah satu cara kreatif untuk menghabiskan waktu dengan anjing kalian dan  membuat mereka bahagia dan mereka merasa penting," kata Shemanski.

Shemanski mengatakan, sesi doga membuat anjing merasa bahagia dan kebahagiaan hewan peliharaan juga menjadi hal yang penting.

Selain itu, latihan ini juga bisa membantu mengatasi perilaku buruk yang dapat terjadi ketika anjing -yang merupakan hewan sosial, menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian, dan menghindari stres pada hewan tersebut.

Baca: Demi Redakan Depresi Warga, Pusat Latihan Yoga Didirikan di Gaza

Menurut dia, saat seekor anjing kurang bersosialisasi, ia akan mencari perhatian pada pemiliknya. Inilah yang seringkali menimbulkan banyak masalah.

Oleh karena itu, latihan doga hadir untuk membantu mengatasi masalah ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.