Merawat Cucu Perpanjang Umur Lansia?

Kompas.com - 04/04/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi kakek bermain bersama cucu Sean MurphyIlustrasi kakek bermain bersama cucu

KOMPAS.com - Orang lanjut usia yang menghabiskan banyak waktu bermain dan mengasuh  cucunya ternyata memiliki tingkat kesehatan yang tinggi dan berumur panjang.

Penyebabnya bisa karena para kakek nenek itu jadi lebih banyak melakukan aktivitas fisik, secara psikologis lebih bahagia karena dekat dengan cucunya, atau pun secara mental lebih tertantang.

Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan oleh psikolog Ralph Hertwig dari Max Planck Institute yang berbasis di Berlin, Jerman.

Penelitian itu dilakukan dengan mengevaluasi data dari studi tentang penuaan di Berlin, yang mewawancarai dengan lebih dari 500 orang berusia di atas 70 tahun.

Wawancara dengan peserta riset dilakukan pada tahun 1990 dan 1993. Bahkan, para peserta tersebut diteliti hingga tahun 2009. Peneliti menemukan bahwa setengah dari kakek-nenek yang merawat cucu-cucu mereka masih mampu bertahan hidup hingga 10 tahun setelah wawancara pertama.

Sementara itu, separuh dari mereka yang tidak menghabiskan waktu untuk merawat cucunya, meninggal dalam waktu 5 tahun usai wawancara.

Walau begitu, menurut Hertwig bukan berarti semakin banyak menghabiskan waktu dengan cucu, bukan berarti mereka akan mampu hidup lebih lama.

Ia juga mengutip studi sebelumnya yang menyebut tidak ada manfaat umur panjang bagi kakek-nenek yang memikirkan cucu mereka sepanjang waktu, malah semakin membuat mereka stres.

Menurutnya, setiap orang memiliki titik kritis yang bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan media yang bisa membuat kita bahagia. Motivasi setiap orang untuk berbahagia harus muncul dari dalam dirinya sendiri.

“Mengharapkan sesuatu sebagai balasan dapat dengan cepat membuatmu frustrasi jika tidak mendapatkan apa-apa," paparnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber the star
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X