Kompas.com - 13/04/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi begadang DragonImagesIlustrasi begadang

KOMPAS.com - Banyaknya tugas dari kantor sering memaksa kita pulang malam dan menggeser waktu tidur menjadi larut malam. Kondisi ini dalam jangka panjang bisa jadi bumerang bagi kesehatan.

Dari sebuah penelitian terhadap lebih dari 500.000 orang terungkap, orang yang tidur larut malam dan mengerjakan pekerjaan hingga pagi cenderung punya masalah kesehatan, dan sekitar 50.000 orang dari kelompok ini meninggal dalam studi enam setengah tahun.

Masalah kesehatan yang menghantui para penyuka begadang ini antara lain diabetes, gangguan psikologis, dan juga gangguan neurologi (saraf).

Studi tersebut dilakukan oleh tim dari University of Surrey dan Northwestern University. Mereka menilai resiko kematian secara keseluruhan pada dua tipe orang berbeda, orang yang tidur larut malam dan mendapatkan tidur dengan jam yang cukup.

Kristen Knutson, profesor neurologi di Northwestern University, Feinberg School of Medicine, mengatakan kebiasaan tidur larut malam memiliki konsekuensi kesehatan bagi tubuh. Mereka disebut juga bisa tidak cocok dengan lingkungan yang memiliki jam tidur normal.

Beberapa dampak faktual yang terjadi seperti stres secara psikologis, kemudian makan pada waktu yang salah untuk tubuh, tidak cukup berolahraga, tidak cukup tidur, terjaga di malam hari, hingga menggunakan obat-obatan terlarang dan minuman keras.

“Ada berbagai macam perilaku tidak sehat yang berhubungan dengan tidur larut malam,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi, menurut Knutson, pola tersebut bukan lah kutukan dan mudah diperbaiki, sehingga kita bisa membuat pola tidur lebih baik agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang tidak diinginkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.