Temperatur Kulkas yang Tepat untuk Menyimpan Makanan - Kompas.com

Temperatur Kulkas yang Tepat untuk Menyimpan Makanan

Kompas.com - 17/04/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi kulkascyano66 Ilustrasi kulkas

KOMPAS.com - Makanan yang disimpan didalam kulkas cepat rusak? Es krim mencair meskipun disimpan dalam freezer dan buah-buahan cepat busuk meskipun berada di dalam kulkas?

Jika jawaban dari semua pertanyaan tersebut adalah "ya", berarti ada yang salah dengan temperatur lemari pendingin yang kamu miliki.

Berdasarkan petunjuk dari badan pengawas obat dan makanan Amerika, suhu kulkas sebaiknya berada atau di bawah 4 derajat Celsius. Sementara itu, suhu freezer sebaiknya -18 derajat Celsius.

Memang, tidak semua kulkas dilengkapi dengan termometer sehingga menentukan suhu yang tepat bisa jadi membingungkan. Kabar baiknya, harga termometer untuk kulkas ini tidak mahal dan bisa ditemukan di sebagian besar toko peralatan dapur.

Memiliki lemari es pada suhu optimal adalah kunci untuk memastikan bahwa hasil dan sisa makanan bisa bertahan selama mungkin.

Selain itu, menyimpan makanan pada suhu yang optimal merupakan salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit bawaan makanan dari mengonsumsi susu, telur, dan susu yang sudah kadaluarsa atau tengik.

Sementara menyimpan makanan pada freezer dengan cara yang tepat adalah cara yang bagus untuk menyimpan bahan makanan seperti daging.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika mencatat bahwa semakin lama makanan dibekukan, maka akan mempengaruhi tekstur, rasa, aroma, kesegaran, dan warna makanan.

Jika kamu khawatir sisa-sisa makanan menjadi rusak sebelum kalian mengonsumsinya, Peggy Woodward selaku editor rubrik makanan pada laman Reader's Diggest, mengatakan bahwa ada beberapa cara kreatif yang bisa kita lakukan.

"Daging sisa dapat ditambahkan ke sup atau dikombinasikan dengan telur. Jika kalian memiliki sedikit sisa sayuran yang dimasak, letakkan telur di atasnya dan nikmati hidangan itu untuk makan malam. Sisa nasi bisa kalian gunakan untuk membuat nasi goreng yang enak. Buah-buahan bisa menjadi salad buah dan sayuran bisa kalian olah menjadi tumis," paparnya.

Baca :7 Makanan yang Bikin Kita Susah Berhenti Menyantap

Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan di lemari es dengan tepat?

Secara teratur memeriksa termometer adalah cara terbaik untuk memastikan makanan aman, tetapi untuk berjaga-jaga jika kulkas atau freezer kalian sedikit terlalu hangat atau dingin, ada cara untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar. Berikut cara tersebut.

- Tutup pintu kulkas. Mudah untuk membiarkan pintu kulkas terbuka saat kalian memasak atau membongkar barang belanjaan, tetapi bukalah pintu kulkas saat kalian benar-benar memerlukannya.


- Sebarkan makanan. Kelihatannya konyol, tetapi jagalah agar makanan tersebar sehingga udara dapat mengalir dengan benar melalui lemari es dan freezer. Kulkas yang diisi penuh cenderung lebih hangat daripada kulkas yang kurang diisi.

- Bersihkan koil kulkas. Seperti peralatan lain, kulkas kalian juga membutuhkan perawatan dari waktu ke waktu.

Komentar
Close Ads X