Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2018, 11:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Bukan hal yang mustahil untuk berolahraga dan bangun pagi dengan kulit yang terlihat lebih muda. Seharusnya ini jadi motivasi bagi kamu yang ingin terus terlihat muda.

Manfaat rutin berolahraga mungkin sudah kita ketahui, tetapi studi-studi teranyar menyimpulkan bahwa berkeringat sambil melakukan kardio juga membuat kulit lebih cerah, membuang semua toksin, dan meredakan kulit tampak bengkak.

"Selain liver, kulit adalah agen detoksifikasi terbesar. Berkeringat akan mengeluarkan toksin, yang bukan cuma membuat kita segar tapi juga meremajakan kulit," kata ahli dermatologi Dr.Shyamalar Gunatheesan.

Saat kita berolahraga dan mengeluarkan keringat, aliran darah akan lebih lancar, termasuk ke bagian dermis. Ini berarti kulit akan mendapat nutrisi esensial, hormon, dan oksigen.

Menurut pakar perawatan kulit dari Sydney, Jocelyn Petroni, ia bisa melihat perbedaan besar antara kliennya yang rajin olahraga.

"Kulitnya akan segar dan glowing, seperti yang terlihat pada ibu hamil. Ini karena kulit mendapat darah yang kaya oksigen," ujarnya.

Sebuah studi tahun 2014 di Kanada menyebutkan, olahraga bahkan bisa mengatasi penuaan kulit. Makanya orang yang rutin bergerak aktif terlihat lebih awet muda.

Mengenai manfaatnya untuk kolagen, menurut Gunatheesan belum terbukti. Tapi, olahraga akan meningkatkan tone otot sehingga kulit tidak gampang kendur.

Untuk menjaga kondisi kulit, selalu gunakan tabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

"Jangan lupa untuk mencuci muka dengan sabun yang lembut untuk membersihkan keringat dan debu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com