3 Produk Ramah Lingkungan di IKEA - Kompas.com

3 Produk Ramah Lingkungan di IKEA

Kompas.com - 17/05/2018, 18:00 WIB
IKEASHUTTERSTOCK IKEA

KOMPAS.com - Peritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA Indonesia, menghadirkan produk-produk inovatif dan ramah lingkungan.

Sebagai bentuk kontribusi IKEA terhadap lingkungan dan desain interior yang berkelanjutan, IKEA menghadirkan koleksi produk seperti Istad, Ryet, Almaren dan Lagan.

Istad

Istad dari IKEADok. IKEA Indonesia Istad dari IKEA

Istad, misalnya, kantong plastik serbaguna sebagai salah satu solusi plastik ramah lingkungan. 

Kantong plastik yang terbuat dari plastik industri gula tebu ini dapat dipakai berulang kali untuk kebutuhan sehari-hari. 

Mengubah jenis plastik terbarukan untuk membuat Istad merupakan langkah IKEA memastikan semua produk plastiknya dibuat dengan bahan daur ulang.

Kantong plastik berukuran kecil ini telah terjual lebih dari satu miliar helai di seluruh dunia setiap tahunnya.

Ryet

RyetDok. IKEA Indonesia Ryet

Selain itu ada Ryed, sebuah bohlam LED yang dapat menghemat listrik. 

Sejak tahun 2012, IKEA hanya menjual bohlam LED yang hemat energi 85 persen daripada lampu pijar tradisional. 

Hal ini menguntungkan pelanggan karena Bohlam LED Ryet dapat mengurangi biaya listrik bulanan. 

Bohlam ini juga dapat bertahan 20 kali lebih lama, sehingga dapat mengurangi limbah dari bohlam-bohlam yang rusak dan mengurangi jumlah bohlam yang harus diproduksi.

Almaren dan Lagan

Selain menghemat listrik, hemat air juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. 

Meskipun air terus didaur ulang, air bersih semakin sulit untuk didapatkan, karena pasokan air tawar terlalu banyak digunakan, tidak terdistribusi secara merata, serta terpengaruh oleh polusi. 

IKEA mengaku menghargai kualitas dan kuantitas air, sehingga kami berkomitmen untuk menerapkan penghematan air hingga tahun 2020. 

Bentuk komitmen IKEA dalam menghemat air yaitu meningkatkan efisiensi air dengan memasang aerator kecil di dalam keran dapur IKEA.

AlmarenDok. IKEA Indonesia Almaren
Keran Almaren dan Lagan dapat membantu menghemat air dan energi, karena memiliki mekanisme yang dapat mengurangi aliran air sambil mempertahankan tekanan. 

Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia menyampaikan, peduli terhadap manusia dan bumi merupakan salah satu nilai utama yang dipegang oleh IKEA. 

“Untuk itu, demi menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, IKEA melakukan investasi dalam hal teknologi, material yang inovatif, serta perkembangan sosial untuk menghasilkan produk-produk inovatif dan ramah lingkungan,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.


Komentar
Close Ads X