Benarkah Teh Hijau Efektif Menghilangkan Jerawat?

Kompas.com - 28/05/2018, 18:39 WIB
ilustrasi teh hijauKMNPhoto ilustrasi teh hijau

KOMPAS.com - Teh telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad lamanya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu jenis teh yang paling terkenal karena khasiatnya adalah teh hijau.

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti katekin, polifenol, dan senyawa alami lainnya membuat teh ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit.

Ya, teh hijau sering digunakan sebagai obat jerawat alami. Namun, seberapa efektif teh hijau untuk jerawat?

Pada dasarnya, semua jenis teh –-teh hijau, teh hitam, teh oolong-- berasal dari tanaman yang sama. Camellia sinensis.

Namun, yang membedakan satu teh dengan jenis lainnya adalah bagaimana cara pengolahannya. Inilah yang membuat setiap jenis teh memiliki warna dan cita rasa khas yang berbeda-beda.

Teh hijau diolah dengan cara dikukus dan dikeringkan dalam proses yang sangat cepat untuk menghindari berubahnya warna daun menjadi lebih cokelat.

Di antara ketiga jenis teh, teh hijau dikatakan sebagai teh yang memiliki potensi kesehatan paling baik karena memiliki kandungan antioksidan polifenol yang paling tinggi.

Dalam pengobatan tradisional Cina dan India, teh hijau digunakan sebagai stimulan, obat diuretik, hingga untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, teh hijau juga sering digunakan sebagai obat alami perut kembung, mengontrol kadar gula darah, membantu melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan kemampuan kognitif.

Baca juga: 3 Manfaat Mengejutkan Teh Hijau untuk Kehidupan Seks

Menguak manfaat teh hijau untuk jerawat

Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut manfaat teh hijau untuk mengobati jerawat di wajah.

1. Mengurangi peradangan kulit

Halaman:


Sumber

Close Ads X