Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 19:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Jerawat pasti membuat kamu sangat kesal, bukan? Tidak hanya mengganggu penampilan, tumbuhnya jerawat juga bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Berbagai cara pun banyak dilakukan orang agar kulit bisa terbebas dari jerawat. Selain menggunakan obat jerawat dari dokter, ternyata perpaduan madu dan kayu manis dapat membantu mengobati jerawat.

Sudah tahu bagaimana manfaat madu dan kayu manis untuk mengobati jerawat?

Proinibacterium acnes atau P. acnes adalah salah satu bakteri yang sering ditemukan dalam jerawat yang memerah dan meradang. Dibutuhkan zat yang memiliki sifat dapat melawan bakteri-bakteri penyebab jerawat ini.

Nah, madu dan kayu manis adalah kedua bahan yang memiliki sifat antibakteri ini, sehingga keduanya sering dijadikan sebagai cara alami mengobati jerawat.

Madu adalah cairan kental yang kebanyakan terbuat dari gula jenis glukosa dan fruktosa. Gula tersebut dalam madu mengandung protein, vitamin, mineral dan juga enzim.

Karena kandungannya tersebut, sudah sejak lama banyak orang yang menggunakan madu sebagai alternatif pengobatan medis untuk kulit. Contohnya untuk mengobati ketombe di kulit kepala, psoriasis, luka bakar, dan juga infeksi jamur. Madu juga sering dimasukkan dalam produk-produk perawatan kulit.

Madu juga terkenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Hal ini terkait dengan manfaat madu untuk membunuh dan menghambat perkembangan bakteri.

Dilansir dari laman Medical News Today, konsentrasi tinggi gula pada madu asli dapat memberi tekanan pada sel bakteri, sehingga membuat mereka cenderung tidak berkembang biak.

Enzim di dalam madu juga ditemukan bisa membentuk hydrogen peroxide yang mana memiliki sifat antimikroba, dikatakan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011.

Madu juga memberikan kelembapan alami pada kulit, sehingga cocok untuk orang yang kulitnya kering tapi berjerawat.

Baca juga : Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu

Mirip seperti madu, kayu manis juga memiliki khasiat sebagai antimikroba. Selain itu, kayu manis juga dapat menjaga kondisi pori-pori wajah.

Kayu manis mengantongi sifat astringen, yakni dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit tampak lebih halus.

Sebuah penelitian yang menganalisis berbagai hasil artikel ilmiah tentang kayu manis menunjukan bahwa kayu manis pada dasarnya memiliki khasiat antimikroba serta khasiat penyembuhan luka. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa kayu manis memiliki khasiat antipenuaan di kulit.

Baca juga : Tahukah Anda? Kayu Manis Bisa Bantu Program Diet

Bagaimana cara menggunakan madu dan kayu manis untuk jerawat?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com